5 Cara Brainstorming dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasan Lengkap
5 Cara Brainstorming dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasan Lengkap

5 Cara Brainstorming dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasan Lengkap

Posted on

5 Cara ‘Brainstorming’ dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasan Lengkap

 

Dalam belajar bahasa inggris terutama bagi sahabat KBI yang saat ini sudah mengajar atau calon pengajar dalam bahasa inggris, maka untuk mengajar bahasa inggris dalam sebuah kelas, pasti kita membutuhkan suatu hal sebagai opening dari materi yang kita sampaikan, hal tersebut sering disebut dengan ‘Brainstorming’, namun apa yang di maksud dengan Brainstorming dalam arti lengkap dan fungsinya? Yuk langsung aja kita simak beserta contohnya dibawah ini!

5 Cara Brainstorming dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasan Lengkap

 

 

5 Cara Brainstorming dalam Mempelajari Bahasa Inggris beserta Penjelasannya Lengkap

 

Sebelum membahas mengenai brainstorming dalam bahasa inggris, kita harus tau dulu apa yang di sebut dengan brainstorming. Brainstorming merupakan suatu teknik atau cara mengajar yang di lakukan oleh seorang guru dalam sebuah kelas untuk curah gagasan antar siswa sebelum pelajaran inti di mulai.

Brainstorming hampir sama dengan diskusi, namun ada sedikit perbedaan antara keduanya, yaitu jika diskusi kita diperbolehkan untuk menanggapi pendapat teman, namun dalam brainstorming kita tidak di perbolehkan untuk menanggapinya. hanya saling mengungkapkan pendapat atau ide saja.

Fungsi Brainstorming

Brainstorming memiliki beberapa fungsi dalam belajar, diantaranya yaitu :

  • Menjadi bahan koreksi tahap awal
  • salah satu cara pengembangan ide atau pendapat baru mengenai masalah
  • mengembangkan berpikir kreatif
  • menindaklanjuti pemecahan suatu masalah
  • meningkatkan daya ingat
  • menumbuhkan ide-ide baru

5 Cara Brainstorming dalam Belajar Bahasa Inggris

 

Bila sahabat KBI adalah seorang pengajar atau calon seorang pengajar bahasa inggris, maka sebelum memberi sebuah pelajaran bahasa inggris, ada baiknya kita melakukan brainstorming terlebih dahulu untuk memancing daya pikir dari siswa tersebut. berikut 5 cara brainstorming dalam mengajar bahasa inggris yang dapat di lakukan :

 

1.Brainstorming Bahasa Inggris Menggunakan ‘Picture’

 

Sebelum mengajar bahasa inggris, seperti mengajar reading atau text tertentu seperti procedure text atau descriptive text, ada baiknya kita menggunakan picture atau gambar sebelum mengajar, seperti contohnya pada saat mengajar descriptive text, kita bisa menggunakan gambar artis terlebih dahulu, lalu kita tanyakan pada murid ‘what are you thinking about this picture?’ jadi bagaimanakah penilaian mereka terhadap gambar tersebut. beri contoh untuk menyebutkan gambar tersebut, seperti she is beautifull, her hair is long, her nose is pointed dan lain sebagainya.

Cara tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan jika kita langsung menjelaskan apa yang di maksud dengan descriptive text dan lain sebagainya.


2. Brainstorming Bahasa Inggris Menggunakan ‘Song’

Langkah selanjutnya untuk brainstorming dalam bahasa inggris adalah menggunakan song atau lagu. selain efektif cara ini juga menyenangkan di banding dengan cara yang lainya berupa penjelasan. biasanya kita menggunakan lagu untuk mempelajari kosakata atau vocabulary. kita menyuruh siswa untuk mendengarkan lagu terlebih dahulu, lalu membagikan lembaran yang berisi lirik lagu rumpang, ajak mereka untuk melengkapi rumpang tersebut, lalu mengartikan lirik lagu bersama-sama, hal tersebut di nilai cukup efektif di bandingkan dengan menghafal kosakata secara terus menerus.


3.Brainstorming Bahasa Inggris Menggunakan ‘Game’

Setelah menggunakan picture dan song, cara lain yang dapat di lakukan adalah dengan menggunakan game. game disini bisa di gunakan untuk mengajar bahasa inggris dengan tema apapun, speaking, reading, writting ataupun listening. Contoh game yang di gunakan untuk brainstorming disini adalah mindmaping, mindmaping disini yaitu memetakan pikiran kita. contoh kita mengucapkan family, maka siswa harus menulis komponen yang ada di family tersebut tanpa bantuan kamus seperti father, mother, oldersister dan lainya. Hal tersebut akan mebantu siswa untuk melatih nalarnya dalam belajar bahasa inggris.


4.Brainstorming Bahasa Inggris Menggunakan ‘Story Telling’

Selanjutnya teknik yang dapat kita lakukan untuk brainstorming adalah dengan cara menggunakan story telling, disini pengajar tak perlu menggunaknan story telling seperti biasaya, cukup dengan menceritakan sebagian dari cerita saja lalu minta siswa untuk menanggapi dari cerita tersebut. tanyakan tema, character ataupun melanjutkan cerita tersebut sesuai dengan pemikiran mereka masing-masing, hal tersebut akan melatih rasa tanggap dari siswa sebelum mereka masuk ke inti pelajaran.


5.Brainstorming Bahasa Inggris Menggunakan ‘Discussion’

Meskipun hampir sama antara brainstorming dan diskusi, namun telah di jelaskan pada materi sebelumnya bahwa keduanya tetap saja berbeda, kali ini kita dapat menggunakan diskusi sebagai brainstorming dalam mengajar bahasa inggris. Sebagai seorang pengajar kita membuat sebuah tema lalu meminta murid untuk menanggapinya, misalkan saja tentang corruption, kita meminta siswa untuk menanggapi tentang corruption itu seperti apa menurut mereka.

Hal tersebut selain melatih pemikiran mereka, juga dapat melatih speaking mereka dalam bahasa inggris.


Bagaimana sahabat KBI apakah penjelasan brainstorming dalam bahasa inggris tersebut cukup mudah untuk di pahami? semoga 5 teknik tersebut dapat menjadi referensi bagi sahabat KBI semua 🙂 terus semangat belajar bahasa inggris ya!

Simak Juga Kumpulan Materi KBI Lainnya :

loading...