5 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Menulis/Writing Skill dalam Bahasa Inggris

Posted on

5 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Menulis/Writing Skill dalam  Bahasa Inggris – Dalam bahasa Inggris, hal yang perlu diperhatikan selain speaking adalah writing (menulis). Writing adalah salah satu productive skill dalam bahasa inggris yang juga wajib untuk dipelajari. Writing menjadi salah satu masalah dalam mempelajari bahasa Inggris. Berikut ini adalah 8 Cara Hebat Meningkatkan Writing Skill dalam Bahasa Inggris:

writing

  1. Menulis adalah kebiasaan Anda.
    Hal utama yang terpenting dalam belajar menulis adalah dengan memulai menulis sebagai suatu kebiasaan Anda. Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu, misalnya menulis sms, email, chat, atau memo ke teman Anda, gunakanalah bahasa Inggris. Setelah Anda terbiasa Anda dapat menulis sebuah artikel. Ya, yang terpenting, menulislah setiap hari jadikanlah itu menjadi sebuah kebiasaan Anda.
  2. Ambil satu topik yang Anda suka dan mulailah menulis.
    Anda mungkin bingung dari mana Anda akan mulai menulis. Anda bingung untuk menentukan suatu topik yang Anda akan tulis. Janganlah Anda terpaku memikirkan apa yang akan Anda tulis. Anda dapat menulis tentang apapun yang Anda mau. Anda dapat menulis tentang sesuatu yang anda lihat atau dengar, berita, atau sebuah cerita yang Anda karang sendiri. Ambil suatu topik yang Anda suka, misalnya jika Anda suka memasak, Anda bisa menulis sebuah resep yang Anda suka.
  3. Pelajarilah grammar.
    Dalam menulis dalam bahasa Inggris, terdapat suatu aturan baku yang disebut grammar. Jika Anda ingin menulis dalam bahasa Inggris, grammar adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Dalam writing, kita dituntut untuk dapat menulis dengan baik dan benar sesuai dengan grammar. Jadi pelajari grammar, Anda dapat membeli buku English grammar atau mempelajarinya di internet. Tapi janganlah jadikan grammar sebagai beban Anda, dengan Anda terus berlatih Anda akan terbiasa dan grammar bukanlah masalah lagi untuk Anda.
  4. Teman untuk memperbaiki tulisan Anda.
    Setelah Anda menulis, penting untuk Anda untuk mengoreksi hasil tulisan Anda dan memperbaikinya. Nah, disini minta tolonglah kepada temanmu untuk mengoreksi hasil tulisan Anda. Mungkin saat Anda menulis, terdapat kesalahan-kesalahan yang terjadi baik itu kesalah grammar atau kesalahan penulisan. Dalam hal ini, temanmu akan membantu memperbaiki tulisan Anda.
  5. Revisi tulisan Anda.
    Setelah hasil tulisan Anda dikoreksi oleh teman Anda, segera perbaiki tulisan Anda. Hal ini sangat penting dilakukan sebelum Anda mempublikasikan tulisan Anda baik itu di blog, media atau jurnal. Perbaikilah kesalahan-kesalahan yang terjadi seperti grammar, penulisan, atau isi konten tulisan Anda.

Demikian 5 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Menulis/Writing Skill dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam belajar bahasa Inggris. Terimakasih.