5 Pertanyaan Dasar Interview Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya

Posted on

5 Pertanyaan Dasar Interview Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya – Pada era ini, penggunaan bahasa inggris sangatlah penting, contohnya penggunaan bahasa inggris pada job interview. Beberapa perusahaan besar melakukan interview kerja dalam bahasa inggris kepada calon karyawannya. Pada kesempatan kali ini, KBI akan memberikan pengetahuan kepada Anda tentang 5 pertanyaan dasar interview kerja dalam bahasa inggris beserta jawabannya. Check this out!

IELTS-part-6-The-Speaking-module-3jpg

Tell me a little about yourself

Yang pertama Anda harus menceritakan tentang diri Anda. Pada kesempatan ini Anda harus mengambil kesempatan untuk menunjukan kemampuan komunikasi Anda dengan berbicara dengan jelas dan ringkas dengan cara bicara yang terorganisir. Tidak ada jawaban benar atau salah pada pertanyaan ini, tetapi sikap Anda disini sangat penting untuk diperhatikan. Yang terpenting adalah bagaimana cara Anda menyampaikannya. Bersikaplah ramah.

Berikut contoh jawaban  untuk pertanyaan Tell me a little about yourself:

“I’m an easy going person that works well with everyone. I enjoy being around different types of people and I like to always challenge myself to improve at everything I do.”
(” Saya adalah orang yang mudah yang bekerja dengan baik dengan semua orang . Saya menikmati berada di sekitar orang yang berbeda-beda dan saya ingin selalu menantang diri saya sendiri untuk meningkatkan segala sesuatu yang saya lakukan . “)

“I went to the University of Washington and majored in English Literature. I went to graduate school because I really enjoyed learning. Afterwards, I started my career at Boeing as a web content editor. I’ve been there for 3 years now. Although my emphasis is in writing, I like numbers. I think solving logic problems and riddles are quite fun. I also enjoy jogging, reading, and watching movies.”
(” Saya kuliah di University of Washington dan mengambil jurusan Sastra Inggris . Saya melanjutkan ke sekolah pascasarjana karena saya benar-benar menikmati belajar . Setelah itu , saya memulai karir saya di Boeing sebagai editor konten web . Sayya sudah bekerja selama 3 tahun sekarang . Meskipun perhatihan saya dalam menulis , saya menyukai angka . saya berpikir pemecahan masalah logika dan teka-teki itu cukup menyenangkan . saya juga menikmati joging , membaca , dan menonton film . “)

What are your long term goals?

Pertanyaan ini diberikan untuk melihat seberapa serius calon karyawan mengenai karier mereka. Beberapa orang mungkin tidak tahu tujuan jangka panjang mereka , dan beberapa orang mungkin memiliki tujuan jangka panjang menjadi kaya dan pensiun dini. Anda harus hati-hati dalam menjawab pertanyaan ini . Anda harus memberikan jenis jawaban yang  yang ambisius yang menunjukkan Anda benar-benar mencintai karir atau pekerjaan Anda. Seorang pewawancara yang baik akan membaca dan mengetahui apakah seseorang akan menjadi seorang pekerja keras atau hanya biasa-biasa saja. Jadilah deskriptif dan tentukan tujuan besar Anda, hal itulah adalah sesuatu yang pewawancara ingin mendengar dari Anda.

Tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang memiliki tujuan besar. Anda harus dapat mengidentifikasi kesulitan Anda dan menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda. Meskipun terdapat kesulitan , Anda tunjukkan bahwa Anda tidak akan berkecil hati dengan situasi yang sulit dan tidak akan pernah menyerah.

Berikut contoh jawaban  untuk pertanyaan What are your long term goals?:

“I want to become a valued employee of a company.  I want to make a difference and I’m willing to work hard to achieve this goal.  I don’t want a regular career, I want a special career that I can be proud of.”
(” Saya ingin menjadi karyawan dihargai di sebuah perusahaan . Saya ingin membuat perbedaan dan saya akan bekerja keras untuk mencapai tujuan ini . Saya tidak ingin karir biasa saja, saya ingin karir yang special yang dapat saya banggakan. “)

“My long term goal is to become a partner for a consulting firm.  I know the hard work involved in achieving this goal, and I know that many people fail to become a partner.  That’s not going to stop me from working hard, learning everything I can, and contributing to a company where I’ll become a valuable asset.  I know it’s not a guarantee, but becoming a partner is a long term goal of mine, and I going to work towards this goal throughout my career.”
(“Tujuan jangka panjang saya adalah untuk menjadi mitra bagi sebuah perusahaan konsultan . Saya tahu kerja keras terlibat dalam mencapai tujuan ini , dan saya tahu bahwa banyak orang gagal untuk menjadi seorang mitra . Hal itu tidak akan menghentikan saya untuk bekerja keras , belajar segala sesuatu yang saya bisa , dan memberikan kontribusi untuk perusahaan di mana saya akan menjadi sebuah aset yang berharga . aku tahu hal itu bukan sebuah jaminan , tapi menjadi mitra adalah tujuan jangka panjang saya, dan saya akan bekerja menuju tujuan ini sepanjang karir saya. “)

What are your strengths?

Pertanyaan ini sangatlah sering diberikan kepada calon karyawan di suatu perusahaan. Perusahan ingin mengetahui apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda. Meskipun ini termasuk pertanyaan yang umum, pada pertanyaan ini tidak terdapat jawanban salah ataupun benar. Anda dapat memberikan jawaban sesuai jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Berikut contoh jawaban  untuk pertanyaan What are your strengths?:

“My strongest trait is in customer service.  I listen and pay close attention to my customer’s needs and I make sure they are more than satisfied.”
(“Sifat terkuat saya adalah dalam pelayanan pelanggan . Saya mendengarkan dan memperhatikan kebutuhan pelanggan saya dan saya pastikan mereka lebih dari puas .”)

“After having worked for a couple of years, I realized my strength is accomplishing a large amount of work within a short period of time.  I get things done on time and my manager always appreciated it.”
(” Setelah bekerja selama beberapa tahun , saya menyadari kekuatan saya adalah menyelesaikan sejumlah besar pekerjaan dalam waktu singkat . Saya menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan manajer saya selalu mengapresiasi itu . “)

What are your weaknesses?

Untuk pertanyaan ini , Jawaban yang harus Anda berikan adalah Anda harus menampilkan kelemahan yang dapat dilihat sebagai kekuatan . Ada banyak jenis jawaban yang dapat diberikan . Beberapa jawaban akan menjadi jawaban yang baik untuk pekerjaan tertentu , sedangkan jawaban yang sama akan menjadi jawaban buruk bagi pekerjaan yang berbeda . Pilih jawaban yang sesuai untuk posisi yang Anda lamar . Adapun saat Anda mengungkapkan kelemahan Anda , Anda juga harus memberikan solusi untuk memperbaiki kelemahan Anda.

Berikut contoh jawaban  untuk pertanyaan What are your weaknesses?:

“I feel my English ability is my weakest trait.  I know this is only a temporary problem.  I’m definitely studying hard to communicate more effectively.”
(” Saya merasa kemampuan bahasa Inggris saya merupakan kelemahan saya. Saya tahu ini hanyalah masalah sementara . Saya pasti belajar keras untuk dapat berkomunikasi dengan lebih efektif. “)

“I feel my weakness is not being detail oriented enough.  I’m a person that wants to accomplish as much as possible.  I realized this hurts the quality and I’m currently working on finding a balance between quantity and quality.”
(” Saya merasa kelemahan saya tidak cukup teliti. Saya adalah orang yang ingin mencapai sesuatu sebanyak mungkin . Saya menyadari ini mempengaruhi kualitas dan saya sedang bekerja menemukan keseimbangan antara kuantitas dan kualitas . “)

What does success mean to you?

Ada banyak hal yang dapat Anda katakan . Jenis pertanyaan tidak memiliki jawaban yang salah . Semua jawaban akan benar . Jadi jawaban terbaik adalah seberapa baik Anda dapat membuat jawabannya . Jawaban biasa-biasa saja misalkan seperti Anda dapat menyelesaikan proyek tepat waktu . Anda bisa saja mengatakannya , tetapi Anda dapat menambahkan twist lain untuk membuat jawaban sedikit lebih baik .

Berikut contoh jawaban  untuk pertanyaan What does success mean to you?:

“Success to me means completing a task and when looking back, thinking I couldn’t have done it better.  To succeed is to complete a task or assignment on time in an excellent manner.  But that’s only half of it.  The results should be good and the people involved should gain a valuable lesson or experience.  For example, if it was a group project, and only two people out of four really did the work, I wouldn’t call that success.  If everyone participated and worked together providing a valuable deliverable then it’s a success.  So I think both the result and the process should be great to call something a success.”
(” Sukses bagi saya berarti menyelesaikan tugas dan ketika melihat ke belakang , berpikir saya tidak bisa melakukannya lebih baik. Untuk sukses adalah untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan tepat waktu dengan cara yang sangat baik . Tapi itu hanya sebagian. Hasil harus baik dan orang-orang yang terlibat harus mendapatkan pelajaran berharga atau pengalaman . Sebagai contoh, jika itu adalah proyek kelompok , dan hanya dua orang dari empat benar-benar bekerja , saya tidak akan menyebut keberhasilan itu . Jika semua orang berpartisipasi dan bekerja sama memberikan penyampaian berharga maka itu sukses . Jadi saya pikir baik hasil dan proses harus luar biasa untuk menyebut sesuatu sukses . “)

Demikian 5 Pertanyaan Dasar Interview Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya, semoga bermanfaat untuk Anda yang akan menghadapi interview kerja.Terimakasih