8 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda

Posted on

8 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda – Kapan terakhir kali Anda mendapatkan materi listening di sekolah? Apakah guru Anda sering memberikan materi listening di kelas? Skill listening dalam bahasa Inggris adalah skill yang harus didalami pertama sebelum skill lain. Listening sangat penting tapi sayang sekali, satu skill ini jarang diberikan lebih di sekolah. Jadi, hal ini menuntut kita untuk mengembangkannya sendiri. Berikut ini KBI akan memberikan informasi tentang 8 Cara Hebat Meningkatkan Memampuan Listening Anda:

listening-music_0 copy

8 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda

  1. Pelajarilah Pronunciation atau pengucapan. Ada yang mengatakan bahwa pronounciation adalah mengenai speaking. Tetapi fakta sebenarnya, belajar mengenai pronounciation membuat Anda memahami native speaker lebih baik. Hal ini karena listeners (pendengar) harus mengetahui bagaimana bahasa sedang diubah jika itu tidak terjadi secara natural.
  2. Menonton video atau mendengarkan audio dalam bahasa Inggris dengan transkrip. Ketika Anda mendengarkan bahasa Inggris dengan transkrip,  Anda dapat membaca apa yang dikatakan saat Anda mendengarnya. Hal ini bisa Anda lakukan saat Anda menonton movie ataupun mendengarkan lagu kesayangan Anda. Anda dapat menggunakan transkrip atau lirik untuk membantu Anda.
  3. Lihatlah tayangan TV dalam bahasa Inggris. Sama halnya dengan cara 2, tetapi bedanya pada acara TV dalam bahasa inggris Anda tidak akan mendapatkan transkrip yang dapat membantu Anda. Anda harus menjadi pengdengar aktif. Pikirkanlah tentang apa yang Anda sedang dengarkan.
  4. Berbicara dengan native speaker. Berbicara dengan native speaker , dan jika Anda tidak memahami apa yang mereka katakan , berikan mereka pertanyaan tentang bahasa. Tapi jika Anda tidak mengerti penutur asli , beritahu mereka juga. Kemudian, ketika waktunya tepat , bertanya pada mereka mengapa mereka mengatakan kalimat dengan cara mereka lakukan . Seorang pembicara asli dapat dengan mudah berpikir tentang perubahan dan memberikan beberapa penjelasan tentang hal itu . Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak wawasan menarik ke dalam bahasa Inggris .
  5. Tuliskan kalimat yang Anda tidak mengerti dan mencoba untuk menggunakannya di kemudian hari. Gunakan kalimat-kalimat yang ditulis untuk menguji diri sendiri . Kadang-kadang belajar dan mencari tahu bahasa Inggris  seperti meletakan teka-teki bersama-sama . Setelah beberapa saat , potongan akan mulai cocok bersama-sama.
  6. Gunakan Bahasa Inggris di aktivitas sehari-hari. Anda bisa memulainya dengan menonton atau membaca berita dalam bahasa inggris setiap hari. Kemudian Anda bisa meminta teman atau keluarga Anada untuk menggunakan bahasa Inggris pada aktivitas sehari-hari.

Berikut ini KBI akan berikan soal latihan listening untuk Anda

Contoh Soal Latihan Listening

work_-_exercises_1_001 work_-_exercises_1_002

 

Demikian 8 Cara Hebat Meningkatkan Kemampuan Listening Anda, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menambah wawasan anda dalam belajar bahasa inggris. Terimakasih