Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Cara dan Contoh Menulis Surat Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris
Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Cara dan Contoh Menulis Surat Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris

Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Lengkap Dengan Cara dan Contoh Menulis Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Lengkap Dengan Cara dan Contoh Menulis Dalam Bahasa Inggris

 

Pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai cara dan contoh menulis surat, namun kurang spesifik dalam hal penulisanya. kali ini admin akan membagi cara bagaimana menulis surat permintaan maaf dalam bahasa inggris baik secara formal yaitu pada sebuah instansi ataupun secara non formal kepada sahabat atau kerabat dekat.

Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Cara dan Contoh Menulis Surat Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris

 

Apology Letter (Surat Permintaan Maaf) : Cara dan Contoh Menulis Surat Permintaan Maaf dalam Bahasa Inggris

 

Meminta maaf merupakan hal yang kelihatan begitu sederhana di lakukan, namun sejatinya meminta maaf adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan baik kepada seseorang, instansi, sahabat ataupun orang-orang terkasih. ketika kita meminta maaf, berarti kita harus menyisihkan ego kita dan mengakui kesalahan atau kekeliruan yang telah kita lakukan. Meminta maaf merupakan hal yang sangat terpuji karena kita telah berjuang sekuat raga untuk mengesampingkan ego diri yang terkadang membumbung tinggi. Berikut cara membuat surat permintaan maaf dalam bahasa inggris.


Format Surat Perminataan Maaf (Apology Letter)

Tidak ada format khusus pada apology letter atau surat permintaan maaf yang akan kita buat. sama seperti surat-surat yang lainya. Namun, pada surat permintaan maaf biasanya kita menjelaskan secara gamblang maksud kita mengirim surat tersebut tanpa adanya basa-basi seperti kebanyakan surat yang kita kirim.

Berikut format Surat permintaan maaf (Apology Letter)

  • Tanggal pembuatan surat
  • Nama pengirim
  • Organisasi pengirim (bila ada)
  • Perihal (Jika surat resmi)
  • Nama penerima
  • Organisasi Penerima (bila ada)
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • salam Penutup
  • Tanda Tangan

Contoh Surat Permintaan Maaf (Apology Letter)

 

APOLOGY LETTER
No. I/SPP/VII/13
To The Designation,
Hendry Yahya
Things: A Letter Of Apology
I signed below:
Name: Herman Suhendra
Gender: Menlaiki
Date of birth: January 12, 1985
Address: the way some of the No. 11 Jakarta Timur
Job: Artist

With respect to the follow-up of errors I’ve done over Hendry Brother Yahya, i.e. following roughness at the time about to interview, I deals with questions that ask a Kinsman to me, I intend to convey a letter of apology with regard to such events.
I do acts of violence against Civil action is beyond the limit, and I delivered the apology that the most of the actions are wrong I have done to you. The incident is an act that occurred outside of my consciousness, in connection with it then I strongly expect apologies from the associated event.
So sorry this statement I’ve made as a form of regret I am against acts of violence which I have done. Hopefully the Brothers pleased to forgive me. thank you.
Jakarta, May 21, 2015
Respect me,
Herman Suhendra

       
              (Terjemahan)
 SURAT PERMOHONAN MAAF
No. I/SPP/VII/13

Kepada Yth,
Hendri Yahya
Hal : Surat Permohonan Maaf

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Herman Suhendra
Jenis kelamin : Laki-laiki
Tanggal lahir : 12 Januari 1985
Alamat : Jalan Padepokan No. 11 Jakarta Timur
Pekerjaan : Artis
Agama : Islam

Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Hendri Yahya, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak memawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Suadara ajukan  kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.

Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Sudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.

Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.

Jakarta, 21 Mei 2015
Hormat saya,

Herman Suhendra


 To The Designation:
Manager Pt. BUMI INDAH
The road Number 87 Ratnasari/78 East Jakarta 11010
Tel: ... … …. Fax : …. ….
Up. Mr. Solahuddin Huda
On Site
With respect to illicit that we’ve done in the form of illegal copying of confidential documents PT. BUMI INDAH without the knowledge of the PT BUMI INDAH parties, then we hereby on behalf of PT JAYA LATSA intends to apologize and hope that this issue can be terminated without advance Court continues.
We are very aware that we have violated the ethics of the business by committing the above offences, and we very much regret the incident and very very hope that party PT. BUMI INDAH deign to grant our apologies.
 this letter is we made with the intention of parties  BUMI INDAH which forgive to PT LATSA JAYA and we hope that the cooperation between PT. BUMI INDAH with PT. JAYA LATSA can continue.
East Jakarta, July 12, 2014
Sincerely,
t/hand + stamp company
LATSA PT. JAYA
Manage

         (Terjemahan)
Kepada Yth :

Manager PT. BUMI INDAH
Jalan Ratnasari Nomor 87/78 Jakarta Timur 11010
Telp : …. …. Fax : …. ….
Up. Bapak Solahuddin Huda
Di-Tempat

Sehubungan dengan tindak pelanggaran yang telah kami lakukan berupa penyalinan dokumen rahasia PT. BUMI INDAH tanpa sepengetahuan pihak PT. BUMI INDAH, maka dengan ini kami atas nama PT. LATSA JAYA bermaksud untuk meminta maaf dan berharap agar permasalahan ini dapat diakhiri tanpa harus berlanjut dimuka pengadilan.

Kami sangat menyadari bahwa kami telah menyalahi etika bisnis dengan melakukan tindak pelanggaran sebagaimana tersebut diatas, dan kami sangat menyesali kejadian tersebut serta dengan amat sangat berharap agar pihak PT. BUMI INDAH berkenan berlapang dada untuk mengabulkan permintaan maaf kami.

Demikian surat permintan maaf ini kami buat dengan maksud pihak PT. BUMI INDAH dapat memberikan permaafan kepada PT. LATSA JAYA dan kami berharap agar kerjasama antara PT. BUMI INDAH dengan PT. LATSA JAYA dapat terus berlanjut.

Jakarta Timur, 12 Juli 2014
Hormat kami,

t/tangan+stempel perusahaan

PT. LATSA JAYA
Manager


 Semoga bermanfaat dan terus belajar ya sahabat KBI 🙂 Terus kunjungi www.kuliahbahasainggris.com untuk mendapatkan materi bahasa inggris baru 🙂
loading...