Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Menyenangkan Lewat Lagu dan Game
Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Menyenangkan Lewat Lagu dan Game

Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat Lewat Lagu dan Game Yang Menyenangkan

Posted on

Belajar Bahasa Inggris  Cepat dan Menyenangkan Lewat Lagu dan Game

Belajar merupakan sebuah kata yang identik dengan kegiatan yang membosankan dan tidak mengasyikan. Banyak para pembelajar yang enggan untuk belajar hanya karena menganggap bahwa belajar itu membosankan, terutama belajar yang di lakukan di institusi formal seperti sekolah ataupun kuliah. Namun, ternyata belajar tak melulu membosankan ataupun tak mengasyikan. ada beberapa cara agar kita tidak cepat bosan saat belajar, terutama belajar bahasa inggris yang mungkin identik dengan struktur kata (grammar) yang membingungkan.

Kali ini admin akan membahas mengenai belajar memahami secara cepat bahasa inggris lewat kegiatan yang menyenangkan yaitu lagu dan game. Yuk kita simak!

Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Menyenangkan Lewat Lagu dan Game

Belajar Bahasa Inggris  Cepat dan Menyenangkan Lewat Lagu dan Game

Belajar bahasa inggris tak melulu di lakukan dengan cara yang membosankan dan menegangkan. selain belajar bahasa inggris secara formal baik di sekolah maupun di lembaga kursus, kita bisa belajar bahasa inggris dengan mudah dan cepat yaitu lewat lagu dan game.

1.Song (Lagu)

Kehidupan kita saat ini tak bisa di pisahkan dari sebuah musik atau lagu. Hampir setiap orang menyukai lagu dengan genre nya masing-masing, ada yang menyukai musik pop, rock, metal, dangdut, keroncong dan lain sebagainya. Ketika mendengarkan musik, kita tentu saja tak hanya mendengarkan alunan instrumen nya, tetapi juga memahami lirik sehingga kita mengerti apa maksud dan makna lagu tersebut. Tak sedikit lagu yang memiliki lirik tentang kesedihan ataupun kebahagiaan.

Sejatinya, lagu atau musik bisa menjadi media kita dalam belajar bahasa inggris secara mudah. karena kita dapat mendengarkanya kapan pun dan dimanapun. Ada beberapa cara untuk memilih lagu dalam belajar bahasa inggris, diantaranya yaitu :

  • Pilih lagu bahasa inggris, jangan lagu yang menggunakan bahasa campuran (inggris-indonesia) karena kita justru akan susah untuk memahaminya dan tidak fokus
  • Pilih lagu yang bermusik sedikit tenang  dengan pronounciation (pengucapan) yag jelas
  • Dengarkan lagu tersebut saat tidak menjalankan aktivitas yag merepotkan agar kita mudah memahaminya.

Belajar bahasa inggris melalui sebuah lagu dapat di lakukan dengan mencari lyrik lagu nya terlebih dahulu, lalu mulai dengan mendengarkan lagu tersebut beserta menyimak liriknya. Coba translete lagu tersebut dengan bahasa sendiri lalu lihat makna sebenarnya di internet untuk mengoreksinya. setelah itu, catat kata-kata yang susah atau yang belum di ketahui sebagai perbendaharaan kata.

contoh :

Lyric lagu Brave-Sarra Barreilles

You can be amazing

You can turn a phrase into a weapon or a drug

You can be the outcast

Or be the backlash of somebody’s lack of love

Or you can start speaking up

Nothing’s gonna hurt you the way that words do

And they settle ‘neath your skin

Kept on the inside and no sunlight

Sometimes a shadow wins

But I wonder what would happen if you
Say what you wanna say

And let the words fall out

Honestly I wanna see you be brave
With what you want to say

And let the words fall out

………….

Lalu, kita bisa mencoba mengartikanya untuk memahami setiap kata. setelah itu, kita catat kosakata yang belum kita tau, contoh:

  • Brave : berani
  • Weapon : senjata
  • start : mulai
  • hurt : terluka
  • skin : kulit
  • shadow : bayangan
  • fall out : terjatuh
  • want : ingin
  • words : kata-kata.

2. Game (Permainan)

Game atau permainan telah terkenal ampuh sebagai cara belajar yang paling tidak membosankan, karena dengan game belajar akan menjadi seru, ramai dan juga semangat, sangat berbeda dengan belajar yang menggunakan teknik ceramah ataupun diskusi.

Belajar bahasa inggris menggunakan game, dapat menjadi cara yang efektif untuk memahami bahasa inggris secara cepat. Ada beberapa game atau permainan yang bisa di jadikan sebagai referensi untuk belajar bahasa inggris, yaitu :

a.Proceed the sentence

Game ini dapat dilakukan di sekolah, di rumah atau dimanapun asalkan ada partner atau teman yang juga siap memainkanya. game ini cukup efektif untuk menambah kosakata bahasa inggris dan pengucapanya (pronounciation), cara melakukanya yaitu :

  • siapkan 2 kelompok, 1 kelompok terdiri dari 5 orang
  • masing-masing orang dalam kelompok memiliki urutan 1 hingga 5
  • pilih salah satu teman di luar kelompok sebagai pemandu, bisa guru bila sedang berada di sekolah.
  • guru/pemandu membisikan kata kepada pemain pertama
  • pemain pertama membisikan kata tersebut ke pemain selanjutnya hingga pemain yang terakhir
  • dengarkan apakah pemain terakhir menyebutkan kata yang sama atau tidak dengan pemandu, jika iya maka kelompok tersebut menjadi pemenang, selain menyebutkan kata, kelompok tersebut juga harus menyebutkan artinya.

b.Making Creative Story

Game selanjutnya yaitu dengan meneruskan sebuah cerita dari seorang pemandu, pemandu tersebut bisa teman kita bila kita bermain game nya di rumah dan bisa juga guru bila kita bermain di sekolah. caranya yaitu :

  • Pemandu menyiapkan tema
  • peserta berkumpul menjadi satu (berbanjar)
  • pemandu membacakan sebuah cerita yang cukup terkenal seperti snow angel, cinderella dan lain-lain.
  • pemandu menunjuk salah satu peserta untuk meneruskan cerita tersebut sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing menggunakan bahasa inggris
  • begitu seterusnya, bila peserta tidak bisa meneruskan cerita tersebut, beri hukuman peserta dengan menyanyikan lagu bahasa inggris.

c. Word Mapping

Word mapping merupakan jenis permainan yang cukup mudah, tujuan dari permainan ini yaitu untuk melatih nalar dan menguji perbendaharaan kata yang kita miliki. Caranya :

  • pilih pemandu (teman/guru)
  • bagi peserta dalam 3 kelompok, 1 kelompok bisa 3 orang
  • pemandu menyebutkan satu kata, dan peserta mmbuat turunan dari kata tersebut dengan bahasa inggris, contoh pemandu menyebutkan house. maka peserta menuliskan kata yang berhubungan dengan house seperti chair, door, window dan lain sebagainya.

Melalui kegiatan yang menyenangkan seperti lagu dan game, akan membuat kita menjadi tertarik dan betah dalam belajar bahasa inggris, selain itu kita dapat belajar memahami bahasa inggris dengan cepat.


Bagaimana apakah cukup mudah di mengerti sahabat KBI? Tunggu apalagi, ayo coba teknik tersebut untuk memahami bahasa inggris lebih cepat dan mudah lagi. semoga bermanfaat 🙂 Selamat Belajar!

Lihat Juga Materi KBI Lainnya :