Kunci Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading
Kunci Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Kunci Cara Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Posted on

Kunci Cara Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Saat ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang banyak di pelajari oleh seluruh masyarakat di berbagai negara di dunia. Bahasa inggris telah menjadi bahasa internasional yang wajib di kuasai oleh setiap orang karena di gunakan untuk berkomunikasi antar lintas negara. di setiap sekolah terutama di Indonesia selalu mengajarkan bahasa inggris kepada siswa-siswi nya, namun banyak di antara mereka yang sulit untuk mempelajarinya bahkan bagi sebagian siswa belajar bahasa inggris merupakan hal yang sulit dan menakutkan.

Disini admin akan membagi tips ataupun kunci agar kita mudah menguasai bahasa inggris dengan cepat dengan metode speaking (berbicara) dan reading (membaca). Untuk penjelasan lengkapnya, yuk kita simak!

Kunci Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Kunci Cepat dan Mudah Menguasai Bahasa Inggris dengan Speaking dan Reading

Belajar bahasa inggris sebenarnya sama dengan kita mempelajari bahasa lainya seperti bahasa jerman, jepang ataupun mandarin. Bahasa merupakan sebuah ilmu dalam komunikasi, berbeda dengan ilmu sains dan ilmu yang lain yang menggunakan rumus dan  pemahaman yang dalam, belajar bahasa termasuk bahasa inggris  hanya dengan mempraktikan dan mebiasakan nya. jika kita biasa menggunakan dan berkecimpung dengan bahasa tersebut, maka secara otomatis kita akan mudah untuk memahami dan mengucapkanya.

lalu bagaimana cara belajar bahasa inggris secara cepat? yaitu kita bisa menggunakan dua cara atau metode yang terbilang ampuh untuk belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah, yaitu dengan menggunakan speaking (berbicara) dan reading (membaca).

1.Speaking (Berbicara)

Menurut oxford dictionary speaking is The action of conveying information or expressing one’s feelings in speech, speaking merupakan suatu kegiatan menukar informasi atau mengungkapkan perasaan melalui ucapan. Speaking telah menjadi salah satu skill yang wajib di kuasai apabila kita belajar bahasa inggris.

Banyak para pembelajar yang belum tau bahwa dengan speaking kita akan lebih mudah dan cepat dalam belajar bahasa inggris. karena sesuai dengan fitrahnya, bahwa bahasa adalah sebuah kebiasaan bukan ilmu pengetahuan, sehingga semakin sering kita menggunakan nya maka kita akan semakin terlatih dengan bahasa tersebut.

beberapa cara yang dapat di lakukan untuk menguasai bahasa inggris dengan speaking yaitu :

a. Sering-seringlah menggunakan english speaking (berbicara bahasa inggris) dalam kehidupan sehari-hari.

kita dapat mempraktikan bahasa inggris bersama sahabat atupun teman kita dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah ataupun di sekolah. mulai dari percakapan yang simple, tak masalah jika grammar ataupun bahasa nya belum full sepenuhnya bahasa inggris. semakin sering kita menggunakan bahasa inggris, lidah kita juga akan semakin mudah mengucapkanya. contoh :

in school (di sekolah)

Sherly :Bayu, will you go to canteen after this lesson? (Bayu, akan kah kamu pergi ke kantin setelah pelajaran ini?)

Bayu : maybe yes, why? (mungkin iya, mengapa?)

Sherly : I want you to buy me some snacks (aku ingin kamu membelikan ku beberapa snek)

Bayu : okay, how many? (baiklah, berapa banyak?)

Sherly : three chocolates and a bottle of water (tiga coklat dan sebotol air)

Bayu : well, okay (oke)

*penjelasan : dengan berlatih menggunakan bahasa inggris dalam percakapan, hal tersebut bermanfaat untuk melatih kita dan menambah kosakata yang kita miliki.

b. Jangan pernah malu menggunakan bahasa asing di tengah-tengah orang banyak asalkan lawan bicara kita juga mengerti

Hal yang paling di takuti oleh pembelajar dalam menggunakan bahasa inggris salah satunya adalah malu jika di kira sombong,malu dan  takut juga jika banyak kesalahan dalam kalimat yang di ucapkan. perasaan malu dan takut merupakan sebuah block bagi kita untuk belajar bahasa inggris. tak perlu malu ataupun takut terjadi kesalahan saat berbicara bahasa inggris, semakin kita banyak salah maka kita juga akan semkin banyak belajar, oleh sebab itu, hindari rasa malu dan takut yang akan menghambat kita belajar.

c. Cari partner atau lawan bicara yang juga mengerti bahasa inggris atau setidaknya tertarik untuk mempelajarinya

Permasalahan yang biasanya muncul saat kita ingin berbicara bahasa inggris adalah tidak adanya lawan bicara, oleh sebab itu carilah teman, orang tua, atau bahkan perkumpulan (organisasi) yang juga melakukan percakapan dengan bahasa inggris. sehingga kita juga dapat belajar dari mereka dan mengoreksi kesalahan bersama-sama.

2.Reading (Membaca)

Selain speaking (berbicara), reading (membaca) juga merupakan salah satu skill dalam bahasa inggris. reading atau membaca juga berkaitan dan sama berpengaruhnya dengan speaking dalam mempelajari bahasa inggris. semakin banyak kita membaca, maka kosakata bahasa inggris kita juga akan semakin mudah bertambah. ada beberapa cara reading atau membaca dalam bahasa inggris yang tentu saja akan bermanfaat bagi bahasa inggris kita apabila kita sering mempraktikanya.

a.Mulailah membaca bacaan bahasa inggris dimanapun dan kapanpun.

Jika biasanya kita membaca koran atau majalah dengan bahasa indonesia, maka saat ini kita harus mencoba koran atau majalah yang menggunakan bahasa inggris. seperti jakarta post dan lain sebagainya. meskipun sulit terutama untuk pemula, namun ketika kita semakin banyak dan sering mencobanya, maka kita akan semakin terlatih dengan bahasa inggris.

Jangan mencari makna setiap kata satu persatu karena hal tersebut akan merepotkan dan membosankan, cobalah untuk menafsir makna dari kalimat yang kita tau, jika kita benar-benar tak tau makna nya, maka kita boleh untuk membuka kamus.

b. catat poin-poin penting apabila kita membaca bacaan bahasa inggris.

bila kita membaca bacaan bahasa inggris, baik dari koran, buku ataupun majalah, maka sebaiknya kita mencatat beberapa kosakata yang sulit lalu kita cari artinya. dengan demikian, kosakata kita dalam bahasa inggris akan semakin bertambah setiap kita membaca.

c. Bacalah bacaan bahasa inggris dengan suara yang keras dan pengucapan yang jelas.

Jika membaca bacaan bahasa inggris, maka sebaiknya jangan membaca nya dalam hati, cobalah mengucapkan setiap kata dengan jelas, karena hal tersebut akan melatih pronounciation atau pengucapan kita dalam bahasa inggris, kembali catat kata-kata yang sulit di ucapkan lalu buka kamus dan cari cara pengucapanya,atau tanyakan pada yang lebih ahli seperti guru atau teman yang sudah bisa.

d. Coba membuat kalimat dari kosakata dalam bacaan.

coba lakukan hal yang lebih kreatif lagi dalam belajar bahasa inggris, yaitu dengan cara mencatat kosakata yang sulit dari bacaan yang kita baca, lalu kita coba buat kalimat dari kosakata tersebut.

contoh:

ketika kita membaca sebuah koran, kita menemukan kata government, country dan politik, maka kita mencoba membuat kalimat bahasa inggris dari kata-kata tersebut.

  • This school needs the facility from our government (sekolah ini membutuhkan fasilitas dari pemerintah)
  • Indonesia is the country which has many cultures (Indonesia adalalah negara yang memiliki banyak budaya)
  • Do you interest in politic? (apakah kamu tertarik dengan politik?)

Berikut tadi beberapa kunci atau tips agar kita mudah dan cepat menguasai bahasa inggris hanya dari 2 skill yaitu speaking (berbicara) dan reading (membaca)


Apakah tips tersebut mudah di pahami sahabat KBI? jika belum paham, cobalah baca ulang kembali dan pahami setiap poin nya. semoga bermanfaat 🙂 Selamat belajar!

Lihat Juga Materi KBI Lainnya :

loading...