Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Future Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Future perfect continuous tense adalah sebuah tense yang digunakan untuk mengungkapkan/mengekspresikan sebuah kata aktifitas atau kegiatan yang akan sudah berlangsung selama sekian lama, namun kegiatan tersebut terjadi di waktu tertentu yang akan datang (future).

Secara umum tense ini dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb wiil, have dan been baru setelah itu di ikuti dengan kata kerja bentuk –ing / Verb-ing untuk menunjukkan continuous nya. Lebih rinci lagi, berikut ini rumus dari future perfect continuous tense dalam bahasa Inggris yang dapat kita lihat dengan menggunakan tabel.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Jenis KalimatRumusContoh Future Perfect Continuous TenseKeterangan
Positif (+)S + Will + Have + Been + Verb-ing (present participle)I will have been playing, The cat will have been sleeping long.Semua subject (I, you, they, we, he, she, it) selalu diikuti dengan will, have, been, dan verb ing.
Negatif (-)S + Will + NOT + Have + Been + Verb-ing (present participle)We will not have been playing, The dog won’t have been sleeping.Semua subject (I, you, they, we, he, she, it) selalu diikuti dengan will, have, NOT, been, dan verb ing.
Interogatif (?)Will + S + Have + Been + Verb-ing (present participle)?Will they have been playing? Will the cat have been sleeping?Semua subject (I, you, they, we, he, she, it) selalu diikuti dengan will, have, been, dan verb ing. Hanya saja WILL diletakkan sebelum subject.

Setelah sahabat mengetahui rumus future perfect continuous tense dalam bahasa Inggris, sekarang saatnya sahabat mengetahui bagaimana cara penggunaan tense ini dalam sebuah kalimat berdasarkan fungsinya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa fungsi yang pertama dari future perfect continuous tense adalah untuk mengeksperesikan sebuah aksi yang panjang pada waktu tertentu dimasa yang akan datang. Untuk mengidentifikasi future perfect continuous tense biasanya tense ini digunakan bersamaan dengan:

  • FOR + DURATION seperti a month, a year, a week.
  • By the end of … seperti next week, next year, dan next month.
  • when + clause seperti you arrive
  • Before + Clause/noun seperti midnight, she comes

Budiman will have been waiting for a month when his salary is ready to pay. (Budiman akan telah menunggu selama satu bulan ketika gajinya siap untuk di bayar.)

Angga Saputra will have been studying in University of Indonesia for two years by the end of next month. (Dia akan telah belajar di Universitas Indonesia selama dua tahun pada akhir bulan depan.)

Will you have been writing that novel before Raditya Dika comes? (Akankah kamu telah menulis novel itu sebelum Raditya Dika datang?)

Demikianlah contoh, rumus, dan penjelasan, future perfect continuous tense dalam bahasa inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat semua. Semoga sedikit penjelasan mengenai future perfect continuous tense ini dapat membantu sahabat untuk menguasainya. Meskipun tense ini memang tidak lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan simple present atau past tense namun sahabat harus tetap bisa menguasainya. Keep learning and thank you! ^_^


Simak juga materi KBI lainnya:

loading...