Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Kuliah Bahasa InggrisContoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Future Continuous Tense Dalam Bahasa InggrisPast future continuous tense atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan Past Future Progressive tense adalah sebuah tenses yang digunakan untuk menunjukan atau mengekspresikan sebuah kegiatan yang merupakan sebuah imajinasi yang sedang berlangsung apabila kondisi nyatanya telah terpenuhi. Tenses ini biasa digunakan untuk conditional sentences type 2. Namun, sebenarnya masih ada beberapa fungsi past future continuous lainnya. Mari kita bahasa satu-satu pada penjelasan dibawah ini:

Pertama, past future continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu kejadian, aktifitas, atau peristiwa yang akan terjadi pada waktu yang akan sedang terjadi pada masa lampau. Apakah sahabat KBI merasa bingung memahaminya? Silahkan baca sekali lagi, atau sahabat dapat langsung melihat contoh berikut ini:

  • Andi should be finishing his homework. (Andi harus menyelesaikan pekerjaan rumahnya.)

Kedua, past future continuous tense ini juga biasa digunakan untuk menyatakan suatu aktifitas, kegiatan atau peristiwa yang seharusnya sedang terjadi di masa lalu (past). Kita simak pada contoh singkat berikut ini:

  • Widya would be cleaning the kitchen last night. (Widya seharusnya sedang membersihkan dapur kemarin malam.)

Katiga, past future continuous tense ini juga bisa digunakan dalam sebuah kalimat reported speech, dimana kita hendak merubah kalimat langsung (direct speech) menjadi sebuah kalimat tak langsung (indirect speech). Kita lihat pada sebuah contoh past future continuous tense reported speech berikut ini:

  • My father: “I will be going to Bandar Lampung next month.” (Direct speech)

  • My father said that he would be going to Bandar Lampung the following month. (Indirect speech)

Keempat, past future continuous tense digunakan untuk membuat sebuah kalimat pengandaian. Lebih spesifik lagi, yaitu sebuah kalimat pengandaian bentuk ke 2 atau yang dalam bahasa Inggris biasa dikenal dengan nama Conditional Sentence Type 2. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh kalimatnya berikut ini:

  • Joshua Suherman would be going the Simple Plans’ show if It was in Gelora Bung Karno Stadium. (Joshua Suherman akan sedang menghadiri pertunjukan Simple Plan jika pertunjukan tersebut ada di stadion Gelora Bung Karno.)

Penjelasan: Dari kalimat disamping kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pertunjukan Simple Plan tidak diadakan di stadion Gelora Bung Karno, jadi Joshua Suherman tidak pergi menonton show/pertunjukan tersebut. Faktanya dalam bahasa Inggris menjadi, FACT: The show is not held in Gelora Bung Karno Stadium. Yang harus di ingat adalah penggunaan SIMPLE PRESENT pada kalimat FACT nya.

  • Anita would be doing some English re-tests if she felt overconfident. (Anita akan sedang melaksanakan ujian ulang Bahasa Inggris jika ia merasa terlalu percaya diri.)

Penjelasan: Dari kalimat disamping kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Anita tidak merasa terlalu percaya diri/takabur, jadi Anita tidak akan melakukan ujian ulang bahasa Inggris tersebut. Yang harus di ingat adalah penggunaan SIMPLE PRESENT pada kalimat FACT nya. Faktanya dalam bahasa Inggris menjadi, FACT: Anita does not feel overconfident.

Setelah sahabat mengetahui beberapa fungsi dari past future continuous tense diatas, maka sekarang saatnya sahabat mengetahui rumus dari tense ini. Mari langsung sama-sama kita simak pada tabel rumus past future continuous tense berikut ini:

Rumus Past Future Continuous Tense

Jenis KalimatFormula/RumusContoh Kalimat Singkat
Positif (+)S + would + be + Verb-ing/ present participleHe would be playing, We would be watching
Negatif (-)S + would + NOT + be + Verb-ing/present participleHe wouldn’t be working, They wouldn’t be reading
Interogatif (?)Would + S + be + Verb-ing/present participle?Would he be playing footbal? Would we be watching movie?

Demikianlah contoh, rumus, dan penjelasan, past future continuous tense dalam bahasa inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat KBI semua. Semoga dapat bermanfaat dan membantu sahabat KBI dalam menguasai 16 jenis tenses dalam bahasa Inggris. Terima kasih.


Simak juga materi KBI lainnya: