Contoh, Rumus, Dan Penjelasan, Past Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, Dan Penjelasan, Past Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, Dan Penjelasan, Past Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, Dan Penjelasan, Past Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, Dan Penjelasan, Past Future Perfect Continuous Tense Dalam Bahasa Inggris

 Selamat datang kembali untuk sahabat KBI semua yang masih semangat untuk belajar bahasa Inggris! Para sahabat KBI yang sedang membaca artikel ini tentu kami sangat meyakini bahwa sahabat adalah orang yang sangat bersemangat dalam belajar bahasa Inggris. Mengapa kami dapat memastikan demikian? Yup, karena artikel ini berjudul PAST FUTURE PERFECT CONTINUOUS dimana sebuah tense yang sangat jarang sekali untuk dipelajari. Good! Langsung saja kita bahas bersama!

Past Future Perfect Continuous Tense adalah sebuah tense yang digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas yang telah sedang terjadi di masa lampau (past). Selain itu juga dapat digunakan untuk menyatakan sebuah aktivitas atau situasi imajiner/khayalan yang sedang berlangsung pada titik tertentu/selama periode tertentu di masa lalu (past).

Past Future Perfect Continuous Tense sebenarnya memiliki persamaan dengan tense lainnya, yaitu Future Perfect Continuous Tense. Kedua jenis tenses ini sama-sama menggunakan lebih dari satu keterangan waktu, meskipun jenis dari dua keterangan waktu tersebut memang tidaklah sama namun tetap berhubungan dengan kalimat tersebut. Pada perfect continuous conditional sentence, yang hampir sama dengan conditional sentence type 3 ‘biasa’, namun terdapat perbedaan di bagian ‘FAKTA’ atau ‘RESULT’ nya, karena tidak menggunakan past future perfect melainkan past future perfect continuous tense. Lebih rinci lagi dapat sahabat simak pada artikel mengenai conditional sentences yang telah kami posting sebelumnya.

Setelah mengetahui fungsinya, langsung saja kita lanjut bagaimana cara membuat kalimat dengan tense jenis ini:

Rumus Past Future Perfect Continuous Tense

Tipe KalimatPola/Rumus Rumus Past Future Perfect Continuous TenseContoh Kalimat Singakat Past Future Perfect Continuous TenseContoh Kalimat Singakat Past Future Perfect Continuous Tense
Positif (+)Subject + WOULD + HAVE + BEEN + VERB-ING/PRESENT PARTICIPLEI/you/she/he/it would have been watchingThey/we would have been swimming
Negatif (-)Subject + WOULD + NOT + HAVE + BEEN + VERB-ING/PRESENT PARTICIPLEI/you/she/he/it would not have been swimmingThey/we would not have been cleaning
Interogatif (?)WOULD + Subject + HAVE + BEEN + VERB-ING/PRESENT PARTICIPLEWould I/you/she/he/it have been readingWould they/we have been working

Contoh Penggunaannya Dalam Sebuah Kalimat Berdasarkan Situasi Yang Ada

Situasi yang terjadi pada saat ingin menggunakan tense:

Terdapat seorang teman Andri (Jimmy) yang mengirim sebuah pesan kemarin pagi, pada saat pesan itu dikirim ternyata Andri telah sedang menontoh film Spiderman selamat 60 menit, dan Andri masih terus menonton lagi film Spiderman tersebut selama beberapa waktu setelahnya. Jika situasi seperti ini dapat kita ungkapkan dengan menggunakan past future perfect continuous tense, menjadi:

  • “I would have been watching Spiderman for an hour, when you sent me a message yesterday.” (Saya akan telah sedang menonton film Spiderman selama satu jam, ketika kamu kemarin mengirimkan aku sebuah pesan.)

Lebih rinci lagi maka dapat kita ganti dengan nama orangnya langsung menjadi:

  • “Andri would have been watching Spiderman for an hour, when Jimmy sent him a message yesterday.” (Andri akan telah sedang menonton film Spiderman selama satu jam, ketika Jimmy kemarin mengirimkan dia sebuah pesan.)

Situasi lainnya yang terjadi pada saat ingin menggunakan tense ini:

Misal, Herman bercerita mengenai Pembangunan Mall Boemi Kedaton di Bandar Lampung. Ketika pertama kali Mall tersebut dibangun, Herman akan telah tinggal di Kedaton (*Kedaton berada di Bandar Lampung, lokasi dekat pembangunan Mall tersebut) selama 20 tahun, tapi tepatnya belum sampai 20 tahun, baru hampir 20 tahun. Lalu, Herman masih akan tetap terus tinggal disitu sampai akhir Desember tahun 2014. Kalimatnya menjadi:

  • In July 2014, I woud have been living in Kedaton Bandar Lampung for 20 years. (Pada bulan Juli tahun 2014, saya akan telah sedang tinggal di Kedaton Bandar Lampung selama 20 tahun.)

Lebih rinci lagi maka dapat kita ganti dengan nama HERMAN langsung menjadi:

  • In July 2014, Herman woud have been living in Kedaton Bandar Lampung for 20 years. (Pada bulan Juli tahun 2014, Herman akan telah sedang tinggal di Kedaton Bandar Lampung selama 20 tahun.)

Karena sekarang sudah tahun 2015, maka pada saat herman mengucapkan kedua kalimat diatas kejadiannya telah masih dan akan terjadi kan? Tapi tetap di masa lalu (past) kan? Bingung? Baca lagi deh pelan-pelan tapi ya… ^_^ Jadi pada intinya tense ini kita gunakan ketika kita ingin mengungkapkan sebuah aktifitas yang TELAH SEDANG AKAN terjadi tapi di masa lalu (PAST).

Demikialah contoh, rumus, dan penjelasan, past future perfect continuous tense dalam bahasa inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat KBI semua. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Simak juga materi KBI lainnya:

loading...