Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris

KuliahBahasaInggris.Com  – Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Contious Tense Dalam Bahasa Inggris – Past Perfect Continuous Tense atau dapat juga kita sebut dengan nama lain yaitu Past Perfect Progressive Tense adalah merupakan sebuah tense yang digunakan untuk menyatakan sebuah kegiatan yang kita lakukan pada pada durasi waktu tertentu dimasa lalu (past) dan telah selesai pada waktu lampau pula (past).

Namun ada juga versi lain yang mengatakan bahwa Past Perfect Continuous Tense kita gunakan untuk menunjukkan kegiatan/aktivitas yang dimulai dimasa lalu (past) dan terus berlanjut hingga waktu tertentu di masa lampau pula (past).

Jika kami simpulakan, pada intinya terdapat dua kegiatan/aktivitas yang dilakukan pada waktu lampau. Kegiatan yang lebih dahulu dilaksanakan kita ungkapkan dengan menggunakan Past Perfect Continuous, sedangkan kegiatan lampau yang kedua setelah kegiatan pertama kita ungkapkan dengan menggunakan Simple Past Tense. Untuk dapat lebih jelasnya mari kita lihat pada contoh dalam bahasa Indonesia dibawah ini:

Bapak Kurniawan telah mengajar di SMPN 6 Bandar Lampung lebih dari 10 tahun sebelum ia pindah k eke SMAN 8 Bandar Lampung.

Dari kalimat diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat dua kegiatan, yaitu Pak Kurniawan mengajar di SMPN 6 Bandar Lampung dan Pak Kurniawan mengajar di SMAN 8 Bandar Lampung.

Lalu kegiatan mana yang lebih dulu pak Kurniawan lakukan? Mengajar di SMPN 6 Bandar Lampung lebih awal ia lakukan di masa lalu, baru disusul juga dengan kegiatan selanjutnya yaitu mengajar di SMAN 8 Bandar Lampung yang sama-sama dilakukan dimasa lalu. Jadi:

Bapak Kurniawan telah mengajar di SMPN 6 Bandar Lampung = PAST PERFECT CONTINUOUS TENSE

Pak Kurniawan mengajar di SMAN 8 Bandar Lampung = PAST TENSE


Nah, untuk dapat lebih jelasnya lagi mari kita sama-sama simak fungsi dan cara penggunaaan past perfect continuous tense dalam proses komunikasi. Secara garis besar terdapat dua fungsi utama dari past perfect continuous tense dalam bahasa Inggris, yaitu:

Pertama, past perfect continuous tense digunakan untuk mengungkapakan atau mengekspresikan aksi kegiatan/aktifitas yang panjang di masa lampau sebelum aksi kegiatan/aktifitas lainnya terjadi yang keduanya sama-sama di masa lampau. Contoh pada kalimat:

Mr. Joko had been waiting in front of the house about an hour before the house keeping opened the door. (Pak Joko telah berdiri di depan rumah sekitar satu jam sebelum dibukakan pembantu rumah tangga membuka pintunya.)

Kedua, past perfect continuous tense digunakan untuk memberitahukan berapa lama sebuah kejadian dimasa lampau terjadi (period of time) atau sampai waktu tertentu di masa lampau. Lihat juga pada contoh kalimat dibawah ini:

Mr. Jokowaw was annoyed since he had been waiting for an hour at the meeting room. (Pak Jokowow merasa kesal karena ia telah menunggu selama satu jam di ruangan pertemuan.)

Lalu bagaimana cara kita membuat sebuah kalimat dengan menggunakan tenses ini? Sebelum sahabat berusaha untuk membuatnya, simak dulu rumus past perfect continuous tense berikut ini:

Rumus Past Perfect Contious Tense

Bentuk KalimatRumus Present Perfect Continuous TenseKeteranganContoh Kalimat
Positif (+)S + HAD + been + Verb-ing/present participleSemua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan BEEN dan VERB-ING.When the foreigners came, the guide had been waiting for two hours.
Negatif (-)S + HAD + NOT + been + Verb-ing/present participleSemua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan NOT BEEN dan VERB-ING.When the foreigners came, the guide had not been waiting for two hours.
Interogatif (?)HAD + S + been + Verb-ing/present participleSemua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan BEEN dan VERB-ING. Penempatan HAD di depan subjek.Had the guide been waiting for two hours when the foreigners came?

Semoga dengan penjelasan singkat tentang contoh, rumus, dan penjelasan, past perfect contious tense dalam bahasa inggris diatas sahabat dapat semakin menguasai macam-macam tenses dalam bahasa Inggris. Tetap semangat belajar ya! ^_^


Simak juga mater KBI lainnya:

loading...