Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa Inggris

Kuliah Bahasa InggrisContoh, Rumus, dan Penjelasan, Past Perfect Tense dalam Bahasa InggrisPast perfect tense adalah sebuah tense dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menyatakan aktivitas atau kegiatan yang telah terjadi dimasa lalu dimana kejadian tersebut terjadi sebelum aksi masa lalu lainnya terjadi.

Namun, selain itu ternyata past perfect tense dapat juga digunakan untuk membuat sebuah kalimat conditional sentence. Dari penjelasan singakat diatas, mari kita jabarkan lagi berbagai macam penggunaan past perfect tense dalam bahasa Inggris. Langsung saja kita simak bersama-sama:

Seperti yang telah kita sebutkan diatas tadi, penggunaan Past perfect tense yang pertama adalah untuk menunjukan, mengungkapkan, atau mengekspresikan sebuah aktivitas/kegiatan yang telah selesai terjadi dimasa lampau sebelum kejadian lampau (past event) lainnya. Pada fungsi ini kita dapat menggunakan subordinate conjunction seperti: after, before, when, by the time, dan prior to. Untuk dapat memahaminya, mari kita simak contoh kalimat dibawah ini:

  • Guntur had received a penalty before his parents were invited to his school. (Guntur telah menerima hukuman sebelum sebelum kedua orangtuanya di undang kesekolahannya.)

Dari kalimat diatas kita dapat mengetahui bahwa terdapat dua kegiatan masa lalu yang mana kedua kegiatan tersebut telah selesai dilakukan. Guntur tentu lebih dahulu mendapatkan hukuman sebelum orang tuanya datang kesekolah. Jadi, Guntur mendapat hukuman kita ungkapkan dengan menggunakan PAST PERFECT, sedangkan kegiatan lampau selanjutnya kita ungkapkan dengan menggunakan PAST TENSE.

Contoh lainnya:

  • When my father arrived last night, the light had turned (Ketika ayah tiba semalam, lampu sudah mati.)
  • I had been ready by the time my boyfriend picked me up. (Saya telah siap ketika pacar saya datang menjemput saya.)

Fungsi past perfect tense selanjutnya adalah untuk menunjukkan seberapa sering sesuatu terjadi pada masa lalu (past). Contoh kalimat:

  • Anita had read that novel five times. (Anita telah membaca novel itu lima kali.)
  • That couple had met ten times before they got married. (Pasangan itu telah bertemu sepuluh kali sebelum mereka menikah.)

Yang ketiga, past perfect tense digunakan pada kalimat reported speech. Contoh kalimatnya berikuti ini:

  • Anita: I watched this movie yesterday. (Direct speech)
  • Anita said that she had watched that movie the day before. (Indirect Speech)

Fungsi dari Past perfect tense yang ke-4 adalah untuk menyatakan sebuah harapan yang tidak dapat terwujud atau dalam bahasa Inggris tense ini dibahas dan digunakan pada Conditional Sentences Type 3. Berikut ini contoh kalimatnya:

  • My father would have missed the show if he had driven the car faster. (Ayahku tidak akan ketinggalan pertunjukannya jika ia telah mengendarai mobilnya dengan lebih cepat.)
  • That naughty student would not have been dropped out if he had not made those mistakes. (Murid nakal itu tidak akan di keluarkan jika ia telah tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.)

Setelah mengetahui semua fungsi dari Past Perfect Tense, sekarang saatnya sahabat mengetahui bagaimana cara membuat kalimat dengan tenses ini. Maka dari itu kami hadirkan pula tabel rumus dari past perfect tense berikut ini:

Rumus Past Perfect Tense

 

Bentuk KalimatRumus Past Perfect TenseContoh kalimat singkat
Positif (+)S + had + Verb 3Semua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan VERB 3.
Negatif (-)S + had + NOT + Verb 3Semua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan NOT dan VERB 3.
Interogatif (?)Had + S + Verb 3Semua subjek (I, you, they, we he, she, it) menggunakan HAD diikuti dengan VERB 3. Hanya saja kata HAD mendahului subjek.

Demikianlah contoh, rumus, dan penjelasan, past perfect tense dalam bahasa inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat KBI semua. Semoga bermanfaat ya! ^_^ Thank you.


Simak juga meteri KBI lainnya: