Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Contious Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Contious Tense dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Posted on

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris

Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Contious Tense dalam Bahasa Inggris
Contoh, Rumus, dan Penjelasan, Present Perfect Contious Tense dalam Bahasa Inggris

Kuliah Bahasa InggrisContoh, Rumus, dan Pengertian Present Perfect Continuous Tense dalam Bahasa Inggris – Present Perfect Continuous Tense atau biasa dikenal juga dengan istilah Present Perfect Progressive Tense adalah sebuah tense yang digunakan ketika kita ingin menunjukkan atau mengatakan sebuah kegiatan yang telah kita lakukan sejak dahulu (past) namun semua kegiatan atau aktivitas tersebut masih kita lakukan sampai saat ini (pada saat anda mengatakannya). Nah, untuk membuat sahabat KBI lebih memahaminya mari kita simak dahulu contoh pada kalimat bahasa Indonesia berikut ini:

Bapak Budiman: “Saya telah sedang berenang bersama dengan teman-teman selama lima jam.”

Dari kalimat diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Bapak Budiman adalah seseorang yang hobi berenang. Ini dapat kita lihat dari kalimat yang menjelaskan bahwa dari lima jam SEBELUM kalimat tersebut diucapkan, bapak budiman menang sudah berenang, dan PADA SAAT ia mengucapkan kalimat tersebut memang bapak BUDIMAN masih/sedang berenang bersama dengan teman-temannya. Bagaimana? Apakah sahabat KBI sudah hampir memahami tense ini?

Namun, selain itu terdapat beberapa contoh penggunaan Present Perfect Continuous Tense lainnya. Apa saja penggunaannya? Mari kita simak pada 3 penggunaan utama Present Perfect Continuous Tense berikut ini:

Pertama present perfect continuous tense kita gunakan untuk menunjukkan aktivitas/kegiatan yang telah selesai kita lakukan pada waktu lampau (past), namun dapat kita ikuti dengan kalimat yang masih berhubungan dengan kondisi pada saat ini (present). Contoh pada kalimat:

I have been working with my laptop all day, and now I want to refresh my mind for a while. (Aku telah bekerja dengan laptop ku sepanjang hari, dan sekarang aku ingin menyegarkan pikiranku untuk sejenak.)

Penggunaan present perfect continuous tense selanjutnya adalah ketika kita ingin menunjukkan aktivitas/kegiatan yang baru saja selesai kita lakukan pada saat kita mengcapkan kalimatnya. Nah, pada pengucapannya biasanya kita menambahkan kata JUST pada kalimatnya. Lalu seperti apa contoh kalimatnya? Mari kita lihat contoh berikut ini:

It has just been raining in Teluk Betung, Bandar Lampung. (Baru saja turun hujan di Teluk Betung, Bandar Lampung.)

Penggunaaan present perfect continuous tense yang terakhir adalah ketika kita ingin menunjukkan aktivitas/kegiatan yang telah kita mulai pada masa lalu (past) dan kegiatan tersebut masih berlanjut atau kegiatan tersebut masih kita lakukan hingga saat ini/pada saat kalimat tersebut diucapkan. Penggunaan yang ketiga ini sama seperti yang telah kita bahasa pada contoh diatas. Nah berikuti ini contoh kalimatnya dalam bahasa Inggris:

Anita has been riding a bike through the sunny-day for an hour. (Anita telah sedang mengendarai motor menembus hari yang panas terik selama satu jam.)

Setelah memahami penggunaan dari present perfect continuous tense kita lanjutkan dengan memahami rumus present perfect continuous tense dalam bentuk positif, negative, dan pertanyaan. Langsung saja kita lihat pada tabel di bawah ini:

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Bentuk KalimatRumus Present Perfect Continuous TenseKeteranganContoh Kalimat
Positif (+)S + have/has + been + Verb-ing/present participleSubjek I, you, they, we menggunakan HAVE sementara untuk subjek he, she, it menggunakan HAS yang semuanya langsung di ikuti dengan VERB-INGAndrew has been driving, My parents have been sleeping, etc.
Negatif (-)S + have/has + NOT + been + Verb-ing/present participleSubjek I, you, they, we menggunakan HAVE sementara untuk subjek he, she, it menggunakan HAS yang semuanya langsung di ikuti dengan NOT dan VERB-INGAndrew has NOT been reading, My father has NOT been watching, etc.
Interogatif (?)Have/has + S + been + Verb-ing/present participleSubjek I, you, they, we menggunakan HAVE sementara untuk subjek he, she, it menggunakan HAS.Have Andrew and I been driving? , Have My parents been sleeping? etc.

Demikianlah contoh, rumus, dan penjelasan, present perfect continuous tense dalam bahasa inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat KBI semua. Semoga sahabat dapat memahami tense ini dengan lebih mudah. Selamat belajar dan terus belajar! Terima kasih.


Simak juga materi KBI lainnya:

 

loading...