Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dan 2 Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Dalam pelajaran bahasa indonesia, baik tingkat dasar hingga tingkat sekolah menengah atas (SMA) kita telah belajar mengenai teks deskripsi bukan? pada mata pelajaran tersebut kita di minta untuk mengamati suatu objek lalu menceritakan ulang secara detail objek tersebut dengan pengalaman kita sendiri. Di dalam bahasa inggris, pelajaran tersebut juga dikenal dengan Descriptive Text. Pada kesempatan kali ini, admin akan menjelaskan kepada sahabat KBI mengenai pengertian, ciri, tujuan serta contoh lengkap mengani descriptive text. seperti apa? ini dia, simak terus ya.

Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Pengertian, Tujuan, Generic Structure Dari ‘Descriptive Text’ Beserta Contoh Yang Harus Dipahami

 

Sahabat KBI perneha mendengar mengenai descriptive text dalam bahasa inggris? seperti apakah sebenarnya descriptive text dalam bahasa inggris dan bagaimanakah cara mendeskripsikan nya?Perhatikan gambar di bawah ini :

 

Descriptive Text : Pengertian, Tujuan, Generic Structure dan 2 Contoh Lengkap Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Coba perhatikan gambar tersebut, gambar siapakah itu? Yaps! sorang artis barat terkenal karena film nya yang fenomenal yaitu Leonardo Decaprio. Pada gambar tersebut terdapat beberapa bulatan-bulatan yang berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada sahabat KBI semua mengani bagaimana cara mendeskripsikan seseorang. Berdasarkan gambar tersebut, kita dapat mendeskripsikan leonardo dari nama nya, kemudian dimana dia lahir dan tumbuh dewasa, setelah itu kita dapat menjelaskan bagian fisiknya, dari mulai tingginya hingga bentuk hidung ataupun matanya. Di akhir paragraf, kita pun dapat memberi kesimpulan mengenai sosok leonardo seperti apa di mata kita. Namun untuk bagian ini tidak wajib hanya berupa pilihan saja.


What is Descriptive Text?

 

Setelah sedikit membahas mengenai descriptive text pada contoh diatas, saat ini admin akan mengupas tuntas mengani apa yang dimaksud dengan descriptive text itu sendiri.

Descriptive text merupakan sebuah text yang berfungsi untuk menjelaskan dan juga menggambarkan sebuah objek secara detail dan jelas, baik itu manusia, benda, alam atau pemandangan.


What is The Purpose of Descriptive Text?

 

Apasih sebenarnya tujuan dari descriptive text? Descriptive text tentu saja memiliki tujuan untuk menyampaikan informasi secara mendetail kepada pembaca ataupun pendengar mengenai suatu objek tertentu. Contoh deskripsi mengenai gunung merapi di Indonesia. Si pendeskripsi akan mendeskripsikan gunung merapi tersebut dengan detail dan jelas sehingga informasi mengenai gunung merapi tersebut dapat dipahami dengan baik.


What is The Generic Structure of Descriptive Text?

Apa yang dimaksud dengan generic structure? Generic structure merupakan susunan umum dari deskriptif teks itu sendiri. kategori apa saja yang terkandung dalam teks tersebut.

Generic structure dalam descriptive text dibagi menjadi 3, yaitu identification (identifikasi), description (deskripsi) dan juga Conclution (Kesimpulan).

Berikut Generic Structure dari Descriptive Text.

  • Identification : Yaitu menjelaskan objek tersebut namun belum ke detail-nya, sehingga haya intro atau pembukaan saja.
  • Description : Pada tahap ini kita menjelaskan secara rinci atau detail juga jelas mengenai objek yang kita deskripsikan.
  • Conclusion : Kesimpulan ini dapat digunakan maupun tidak, sehingga keberadaanya tidak begitu wajib.

The Example Of Descriptive Text

 

I live in a small house, it has five rooms : there are two bedrooms , a living room, a bath room, and a kitchen. I like to live in there.

when the door is open, I can see the living room. it is small with only three chairs and a table, nothing else. I prefer reading a novel in this room.

My bedroom is in the left side of the living room. in this living room there is a night table next to the bed, a tv, a radio and a computer when being board of reading, I usually play online games or chat with my friends via facebook and so on.

I know it is very small house, but I love it so much.

 

house
House

 

Aku tinggal di sebuah rumah kecil, ia memiliki lima kamar: ada dua kamar tidur, ruang tamu, Kamar mandi, dan dapur. aku sukatinggal di sana.
ketika pintu terbuka, aku bisa melihat ruang. sangat kecil dengan hanya tiga kursi dan meja, tidak ada yang lain. Saya lebih suka membaca sebuah novel di ruangan ini.
Kamarku berada di sisi kiri dari ruang tamu. di ruang ini ada malam meja di samping tempat tidur, tv, radio dan komputer ketika menjadi pengurus membaca, saya biasanya permainan online atau chat dengan temanteman melalui facebook dan sebagainya.
Aku tahu itu adalah rumah yg sangat kecil, tapi aku sangat menyukainya.

Contoh Lainya

 

Kitty is my playful black cat. Sometime it is very naughty, it is very clever, it is like playing with ball. it sometimes plays with me. it likes playing with anything. this cat is always playful.

Kitty is always near me, it looks cute. its eyes are around. kitty has along tail. the fur is brown my kitty is small but fat.

 

cat
Cat

 

Kitty adalah kucing hitam ku yang suka bermain-main. Kadang-kadang memang sangat nakal, ia sangat cerdas, seperti bermain dengan bola. kadang-kadang bermain dengan ku. ia suka bermain dengan apapun. kucingku  ini selalu menyenangkan.
Kitty selalu dekat dengan ku, ia tampak lucu. matanya sangat bulat. Kitty memiliki ekor yang panjang. bulunya berwarna coklat. kucingku kecil tetapi gemuk.

Demikian Descriptive Text dalam Bahasa Inggris, Semoga Dapat Menjadi referensi belajar bagi sahabat KBI semua, semangat menuntut ilmu ya 🙂


Check Materi Bahasa Inggris KBI Lainnya :


loading...