Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Orang Baru
Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Posted on

Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Hai sahabat KBI, tentunya masih semangat belajar bukan? Mempelajari sebuah percakapan bahasa Inggris atau “conversation” bukanlah hal yang sulit. Hal utama yang perlu dilakukan untuk memplajarinya adalah dengan belajar berdasarkan situasi atau kondisi. Dengan begitu, teman – teman bisa dengan mudah memplajari setiap situasi dan kondisi yang berbeda dengan bagaimana cara mengungkapkan sesuatu atau hal tertentu pada situasi tersebut.

Cara Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Orang Baru

Salah satunya adalah memulai percakapan bahasa Inggris dengan orang yang baru kenal dimana kita brtemu dengan orang baru yang belum kitakenal kemudian kita berbincang-bincang dengannya. Mungkin hal ini akan mmbuat kita sangat bingung dan kikuk. Tambah lagi apabila kita tidak tahu harus berbicara apa dan bagaimana.

Untuk membuka suatu percakapan dalam Bahasa Inggris memang sesuatu yang sedikit mmbingungkan, bahkan dalam bahasa Indonesia pun. Akan tetapi dalam percakapan, kita jug perlu mengenal budaya daridaerah atau Negara tersebut karena mungkin budaya itu akan sangat jauh brbeda dengan budaya kita. Hal ini juga brlaku jika kita ingin mmbuka suatu prcakapan dengan seseorang yang baru kita kenal atau belum kita kenal sebelumnya.

Pada umumnnya, orang-orang Inggris selalu memakai prcakapan pembuka sebelum memulai percakapan namun percakapan pembuka itu sangat simpel dan tak terlalu banyak basa-basi, misalnya dengan ekspresi “what the beautiful view”. Ekspresi tersebut merupakan pembuka dan biasanya orang yang kita ajak bicara akan merespon. Hindari berbicara langsung ke pokok pembicaraan, misalnya dengan mengatakan “what’s your name”. hindari juga mengatakan hal-hal yang bersifat pribadi.


Dibawah ini adalah Contoh Percakapan Bahasa Inggris Dengan Orang yang Baru Di Kenal :

Dikutip dari ef.co.id, Di bawah ini merupakan salah satu contoh percakapan bahasa Inggris baru kenal yang bisa kita perhatikan.

An: It’s an extremely wonderful perspective here.

B: Yeah, I suspect as much.

An: Is it your first time going by this spot?

B: Yes, it is my first experience here. Shouldn’t something be said about you?

An: I have gone by this spot for couples of time since I appreciate the perspective here. You can see, it has the extremely delightful landscape of the mountain.

B: Sure, I know. I additionally need to get back again sometime in the not so distant future.

An: Oh, where are you from that point?

B: I’m from Australia. It is safe to say that you are a local here?

A: Yes, I’m from Indonesia. Apologies, I’m Rudy, what’s your name?

B: My name is Pitt.

A: Hi Pitt, pleasant to see you here. Do you make the most of your time here?

B: Absolutely, it is the glorious spot. Really, it is not my first time going to Indonesia. It is my third visit however it is my first time going to this spot.

An: I think you like voyaging, isn’t that right?


 Berikut ini adalah cara memulai pembicaraan dengan orang yang baru Anda kenal dengan bahasa Inggris :

1.What’s your name?

Ini merupakan pertanyaan umum yang sering digunakan ketika baru kenal, Anda bisa memulainya dengan bertanya nama orang tersebut.

2.Where are you from?

Anda bisa tanyakan dari negara mana dengan cara bertanya kalimat tersebut. Anda dapat membalas pertanyaan orang tersebut dengan memberitahu negara atau kota Anda, seperti “I’m from Indonesia” atau “I’m from Jakarta”.

3.Is this your first trip to Africa?

Pertanyaan ini agar Anda tahu apakah orang tersebut baru pertama kali melakukan kunjungan di kota yang Anda sebutkan. Dengan pertanyaan tersebut, secara tidak langsung orang tersebut akan bercerita sedikit demi sedikit tentang pengalaman perjalanan nya di kota tersebut.

4.It’s hot today, isn’t it?

Berbicara tentang cuaca adalah topik obrolan ringan yang umum dibicarakan orang lain saat berada disuatu lokasi.

5.What do you do for a living?

Ini sama artinya dengan “Where do you work?” atau “What’s your job?”


Semoga bermanfaat para sahabat KBI 🙂

Lihat Juga Materi Conversation KBI Lainnya :