Penjelesan Lengkap Appositive Adjective Beserta Dengan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penjelesan Lengkap Appositive Adjective Beserta Dengan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pengertian, Bentuk, Fungsi dan Contoh Appositive Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian, Bentuk , Fungsi dan Contoh Lengkap Appositive Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Sahabat KBI, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai appositive adjective. Mungkin sahabat KBI sudah sering mendengar mengenai adjective dan jarang atau bahkan belum pernah mendengar tentang appositive.  Berikut ini akan kita bahas satu persatu sekaligus dengan pengertian dan contohnya.

Penjelesan Lengkap Appositive Adjective Beserta Dengan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris
Penjelesan Lengkap Appositive Adjective Beserta Dengan Contoh Dalam Kalimat Bahasa Inggris

 

Definisi Dan Penjelasan, Bentuk Dan Fungsi Appositive Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris Beserta Contoh

 

Sekilas mengenai adjective ataupun kata sifat, yaitu bentuk dari part of speech yang berfungsi untuk menjelaskan kata benda. Sedangkan appositive merupakan kata benda yang mengulang kata benda lain yang ada di samping nya. Appositive juga merupakan kombinasi  kata benda baik panjang ataupun pendek. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai appositive adjective dalam kalimat bahasa inggris.


PENGERTIAN APPOSITIVE ADJECTIVE

Didalam bahasa inggris, appositive adjective is a traditionall grammatical term for an adjective that follows a noun and like a nonerestrictic appositive, is set of by commas or dashes. Dalam bahasa indonesia, Appositive adjective merupakan gabungan atau rangkaian kata sifat (adjective) yang diletakkan setelah noun dan biasanya dipisahkan dengan koma ataupun dengan tanda strip.


FUNGSI APPOSITIVE ADJECTIVE

Sama dengan adjective yang lainya, atau bentuk kata sifat yang lainya, appositive adjective memiliki fungsi untuk menjelaskan noun atau kata benda yang diikutinya. contohnya adalah sebuah rumah yang besar atau sebuah pantai yang indah. Kata besar dan indah merupakan bentuk adjective atau kata sifat yang mengikuti kata benda (noun) yaitu berupa sebuah rumah ataupun sebuah pantai.


BENTUK APPOSITIVE ADJECTIVE

Didalam bahasa inggris, appositive adjective dapat dibagi menjadi 3 bentuk, yaitu :

  • Adjective sebelum noun (sebelum kata benda)
  • Adjective setelah noun (setelah kata benda)
  • Adjective setelah determiner

Adjective sebelum noun contohnya adalah  a big, funny cat is mine (seekor kucing yang besar dan lucu itu adalah milikku). Sedangkan adjective setelah noun yaitu the cat. big, funny. is mine (seekor kucing yang besar dan lucu adalah milikku). Sedangkan, jika sebuah contoh setelah determiner yaitu the big and funny, the cat is mine (besar dan lucu, kicing itu adalah milik ku).


CONTOH APPOSITIVE ADJECTIVE

Berikut beberapa macam contoh mengenai appositive adjective dalam kalimat bahasa inggris yang wajib sahabat KBI perhatikan.

  1. Vanderwijk is the inspiring and breathing film that I have been watched (vanderwijk adalah film yang menginspirasi dan mengharukan yang pernah saya liat)
  2. My room small but  beautiful will make you feel comfortable (ruangan ku yang kecil namun nyaman dan indah akan membuatmu merasa nyaman)
  3. Ratna. a fat but beautiful student, now is a famous lawyer (Ratna. murid yag gemuk namun cantik, saat ini menjadi pengacara terkenal)
  4. He is hars but caring boyfriend for Maya (dia adalah seorang pacar laki-laki yang kasar namun perduli untuk Maya)
  5. This phone is old but gold for us  because we do not have the job yet (hape ini tua namun berharga untuk kita karena kita belum memiliki pekerjaan)
  6. I met his girlfriend. ugly, cruel and unfriendly woman (aku bertemu dengan pacarnya yang jelek, kejam dan merupakan wanita yang tidak ramah)
  7. I do not like to this taxi. the driver. fast and careless (aku tidak suka taxi ini. pengendaranya kebut dan sembrono)

Kesimpulan dari materi appositive tersebut,  sahabat KBI harus ingat bahwa appositive merupakan gabungan kata sifat atau adjective yang terletak baik sebelum ataupun sesudah noun (kata benda)


Semoga materi mengenai appositive adjective tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi sahabat KBI, ingat terus belajar dan jangan pantang menyerah ya? -where there is a will there is a way- (Dimana Ada kemauan Disitu Ada Jalan)


Simak Juga Materi KB Lainya :