Pengertian Modifier (Penjelas) dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh
Pengertian Modifier (Penjelas) dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Pengertian, Fungsi Modifier (Penjelas) Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimat

Posted on

Pengertian, Fungsi Modifier (Penjelas) Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Kalimatnya Lengkap

Pengertian Modifier (Penjelas) dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Pengertian Modifier

Modifier (penjelas) adalah kata, phrase atau clause di dalam bahasa Inggris yang memiliki fungsi sebagai adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) yang menerangkan kata atau kelompok kata lain. Dalam bahasa Inggris, kata atau kelompok kata yang diterangkan tersebut dikenal dengan Head.

Sesuai dengan artinya yang ditulis dalam tanda kurung, modifier berfungsi untuk memperjelas atau membuat lebih jelas arti dari subjek, predikat, objek langsung, atau objek tidak langsung. Berikut penjelasannya:

• Fungsi sebagai adjective (dapat berupa simple adjective, adjective phrase, clause, participle atau infinitive): menerangkan noun.

• Fungsi sebagai adverb (dapat berupa simple adverb, adverb phrase, clause, prepositional phrase atau infinitive): menerangkan verb, adjective atau adverb lain.

Modifier yang muncul sebelum Head (kelompok kata yang diterangkan) disebut dengan Premodifiers, sedangkan modifier yang muncul setelah Head disebut dengan Postmodifiers.


Contoh Modifier sebagai Adjective dan Adverb:

Konstruksi Contoh Kalimat Modifier Keterangan
Participial phrase She found a letter put on my bag. Participial phrase (put on my bag) berfungsi sebagai adjective yang menerangkan letter (noun). Keseluruhan “a letter put on my bag” adalah noun phrase.
Adverb Phrase She swims so beautifully.
(Dia berenang dengan sangat cantik.)
Adverb phrase menerangkan swims (verb). Adapun adverb phrase dapat berupa adverb+qualifier, prepositional phrase, atau infinitive phrase.
Adjective Clause The book that he has read is very interesting.
(Buku yang dia telah baca sangat menarik.)
Adjective clause menerangkan the book (noun).
Adverb Clause When you went to the grocery, he came.
(Ketika kamu pergi ke toko bahan makanan, dia datang.)
Adverb clause menjawab pertanyaan: “When did he come?”

 

Catatan:

Modifier bisa berupa frase atau klausa bahkan dalam satu kalimatpun bisa mempunyai beberapa modifier atau yang disebut dengan modifier bertingkat. Untuk kali ini saya cukupi sekian saja kuliah bahasa inggris kita. Semoga bermanfaaat yah sahabat KBI!

Baca Juga Materi KBI Lainnya :

loading...