In Time vs On Time : 2 Ketepatan Waktu yang Berbeda, Penjelasan serta Contoh WAJIB Kamu Tau.
In Time vs On Time : 2 Ketepatan Waktu yang Berbeda, Penjelasan serta Contoh WAJIB Kamu Tau.

Pengertian, Perbedaan In Time Dan On Time Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian, Perbedaan In Time Dan On Time Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

 

Dalam bahasa inggris, waktu biasa disebut dengan Time, cara menyebutkan waktu atau jam dalam bahasa inggris pun bisa sahabat KBI pelajari Pada Materi Cara Menyatakan Waktu (Jam) dalam Bahasa Inggris beserta Penjelasan dan Contoh Lengkap.

Namun, pernah kah sahabat KBI mendengar orang yang bercakap-cakap baik dengan bahasa indonesia maupun dengan bahasa inggris memakai istilah waktu berupa in  time dan on time? seprti contoh nya : “Datang ke pestaku on time ya!” atau “kamu harus hadir rapat in time!”, nah lalu apa perbedaan antara kedua kata tersebut? Langsung aja yuk kita simak dibawah ini 🙂

In Time vs On Time : 2 Ketepatan Waktu yang Berbeda, Penjelasan serta Contoh WAJIB Kamu Tau.

 

In Time vs On Time : 2 Ketepatan Waktu yang Berbeda, Penjelasan serta Contoh WAJIB Kamu Tau

 

In time dan on time merupakan dua kata yang paling sering diucapkan baik dalam bahasa inggris maupun  dalam bahasa indonesia, namun jarang yang mengerti apa perbedaan antara in time dan on time. Keduanya merupakan sesuatu yang sangat berbeda meski berasal dari kata yang sama. Berikut Penjelasan nya.


What is On time?

On time memiliki arti tepat waktu yaitu sesuai jadwal, misal sebuah acara pesta di mulai pada pukul 08.00, jika kita datang tepat pukul tersebut maka berarti kita datang on time atau pas pada jadwal nya.


Contoh :

  • My teacher asks me to submit this task on time (guru ku menyuruh untuk mengumpul tes nya tepat pada waktunya)
  • The airplane mas managed to improve the quality of their service. Now, we can expect their planes to take off on time (penerbangan ini telah berhasil meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Sekarang, kita bisa mengharapkan pesawat mereka tinggal landas tepat pada waktunya (sesuai jadwal).
  • I will come to your home on time, just wait for me (aku akan datang tepat waktu, tunggu saja aku)
  • you can not join this event because you do not come on time (kamu tidak dapat mengikuti acara ini karena kamu tidak datang tepat waktu)
  • Please come on time if you want watch this drama (tolong datang tepat waktu jika kamu ingin menonton drama)

What is In time?

 

In time memiliki arti tepat sebelum waktunya, misalkan kamu di undang ke acara pernikahan pukul 07.00 malam, namun kamu dan teman mu datang pada pukul 05.00, ini berarti kamu datang tepat sebelum waktu yang di jadwalkan.


Contoh :

  • Despite the heavy traffic, Jack and Lina finally arrived in time for the show (walaupun lalu lintas padat, Jack dan Lina akhirnya tiba tepat sebelum waktu pertunjukan sehingga mereka di izinkan masuk)
  • you arrived just in time for me to introduce you to the director of this show (anda tiba tepat sebelum waktunya untuk saya perkenalkan kepada sutradara pertunjuka ini, anda muncul)
  • My teacher asks me to go to school in time (guruku menyuruhku untuk datang ke sekolah tepat sebelum waktunya)
  • they celebrate my birthday in time and it make me shock (mereka merayakan ulangahun ku tepat sebelum waktunya dan itu membuat ku terkejut.)
  • you can come to this party in time, okay? (kamu dapat datang ke pesta ini tepat waktu, oke?)
  • I hope you can come in time to help me (aku berharap kamu dapat datang tepat sebelum waktunya untuk membantuku)

Perbedaan IN TIME vs ON TIME

  • In time diterjemahkan tepat sebelum waktunya.
  • On time diterjemahkan tepat pada waktunya.

Cukup mudah bukan sahabat KBI untuk dipelajari? Terus semangat belajar bahasa Inggris yaa, pastikan sering berlatih membuat kalimat dalam bahasa inggris agar semakin mahir, Good Luck!


 

Simak Ulasan Materi Lainnya Di KBI :