Perbedaan Penulisan Formal E-mail (E-mail Resmi) dan Informal E-mail (E-mail tidak resmi) beserta Contoh dalam Bahasa Inggris
Perbedaan Penulisan Formal E-mail (E-mail Resmi) dan Informal E-mail (E-mail tidak resmi) beserta Contoh dalam Bahasa Inggris

Pengertian Perbedaan Penulisan Formal Email (Email Resmi) Dan Informal Email (Email Tidak Resmi) Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris

Posted on

Perbedaan Penulisan Formal Email (Email Resmi) Dan Informal Email (Email Tidak Resmi) Beserta Contoh Dalam Bahasa Inggris

 

Jika pada materi sebelumnya kita telah membahas mengenai surat formal dan informal, maka kali ini kita akan membahas mengenai cara penulisan e-mail formal (e-mail resmi) dan e-mail informal (e-mail tidak resmi).

Namun, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai e-mail, sahabat KBI perlu tau apa itu E-mail dan apa perbedaanya dengan surat.Yuk langsung saja kita simak penjelasan berikut!

Perbedaan Penulisan Formal E-mail (E-mail Resmi) dan Informal E-mail (E-mail tidak resmi) beserta Contoh dalam Bahasa Inggris

 

Pengertian Dan Perbedaan Penulisan Formal E-mail (E-mail Resmi) dan Informal E-mail (E-mail tidak resmi) beserta Contoh dalam Bahasa Inggris

 

E-mail atau Electronic Mail merupakan sebuah surat elektronik yang dikirim melalui sebuah internet, jika biasanya menulis surat kita harus mengirimkan secara manual lewat jasa pos, maka jika ingin mengirim sebuah e-mail, kita hanya menggunakan provider internet dan juga mengirimkanya melalui alamat e-mail.

penggunaan e-mail tentu saja lebih praktis di bandingkan dengan menggunakan sebuah surat, karena e-mail akan sampai dari si pengirim kepada penerima hanya dari hitungan menit saja dan tak perlu menunggu berhari-hari seperti sebuah surat.

E-mail sendiri memiliki 2 jenis, yaitu e-mail resmi dan e-mail tidak resmi, berikut penjelasanya.


E-mail Resmi (Formal)

e-mail resmi atau e-mail formal merupakan sebuah e-mail yang dikirimkan kepada sebuah lembaga, atasan atau orang-orang yang di hormati. e-mail tersebut biasanya berkaitan dengan bisnis, lamaran pekerjaan atau hal-hal lainya. E-mail resmi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • E-mail resmi biasanya lebih singkat
  • Bahasa yang di gunakan lebih santun
  • Langsung to the point ke arah pembicaraan.
  • pada e-mail resmi tidak di wajibkan untuk menggunakan kata dear
  • Bahasa penutup pada e-mail lebih sopan
  • menyebutkan lampiran dalam e-mail resmi.

Greeting (sapaan) yang sering di gunakan dalam E-mail Resmi

  • Regards (salam sejahtera)
  • kind regards (salam sejahtera)
  • best regards (salam sejahtera)
  • with kind regards (salam sejahtera)
  • good morning (selamat pagi)
  • how are you (bagaimana kabarmu?)

Contoh E-mail Resmi (formal)

To : [email protected]

Subject : Essay Deadline

Dear, Mr.Smith

Iam writing to inform you that I will not be able to meet the english essay deadline.

the tittle of the english essay I should by in tomorrow is “I can punctuate therefore Iam”. Iam still working on it as Iam having problem with the correct use of punctuation marks.

I would to know if I could submit it next week

I look forward to hearing from you and thank you.

With kind regards

Chris Bennet.


Terjemahan :

Perihal: Esai tenggat waktu
kepada, Mr.Smith
saya menulis untuk memberitahu Anda bahwa saya tidak akan mampu memenuhi tenggat waktu esai bahasa Inggris.

Judul esai bahasa inggris yag harus saya kumpukan besok adalah “saya dapat tepat waktu karna diri saya sendiri”saya masih mengerjakanya, tetapi saya memiliki masalah pada tanda bacanya.

 

Saya berharap untuk mendengar jawaban dari Anda dan terima kasih.
salam hormat
Chris Bennet.

E-mail Tidak Resmi (informal)

 

E-mail tidak resmi atau informal e-mail merupakan sebuah email yang memiliki bahasa lebih santai dan tidak kaku, biasanya kita mengirimkan e-mail tidak resmi kepada teman, sahabat atau keluarga dekat untuk menanyakan kabar, atau hal-hal santai lainya. berikut ciri-ciri e-mail yang tidak resmi :

  • menggunakan bahasa yang lebih santai
  • e-mail tidak harus singkat dan padat
  • menggunakan nama panggilan dari kerabat
  • tidak ada lampiran
  • tidak wajib menggunakan salam pembuka ataupun penutup.

Macam-macam Greeting (sapaan) yang digunakan dalam E-mail tidak resmi (informal)

  • Morning (pagi)
  • hi (hai)
  • how is your life? (bagaimana hidupmu?)
  • love (sayang)
  • by your bestfriend (dari sahabat mu)
  • Best wishes (salam sejahtera)
  • Kind regards (salam sejahtera)

Contoh penulisan E-mail tidak resmi (informal)

 

To : [email protected]

Subject : My family

Hi, Alice. how are you? I hope you are well. thank you for last e-mail, this time iam writting to tell you about my family.

my mother’s name is amparo and my father’s name is robert. my mother is 45 years old and my father is 50 years old. my mother is a doctor and my father is a police, I love them both very much.

I have a horrible little brother and no sister. his name is fernando,  he goes to the same school as me, he is 8 years old. he loves playing football, video game and annoying me! I like listening music and going out with my friends. i dont like school because my parent always angry. we have one cat. he is bobbi, he is always happy.

well, that’s all for now. I hope to hear from you soon.

Love,

Maria


Perihal: Keluarga saya
Hi, Alice. Bagaimana keadaanmu? Aku harap kamu baik-baik saja. Terima kasih untuk e-mail terakhir, saat ini aku menulis untuk memberitahu mu tentang keluargaku.
nama ibu ku amparo dan nama ayah ku adalah robert. Ibu ku 45 tahun dan ayah berusia 50 tahun. Ibu ku adalah seorang dokter dan ayahku seorang polisi, aku sangat mencintai mereka berdua
Aku punya adik yang menyebalkan tapi tidak dengan kakak. namanya adalah fernando, dia pergi ke sekolah yang sama seperti ku, dia berusia 8 tahun. Dia suka bermain sepak bola, permainan video dan menggangguku! Aku suka mendengarkan musik dan  keluar dengan temanteman. Aku tidak suka sekolah karena orangtua ku selalu marah. Kami memiliki satu kucing. Dia adalah bobbi, ia selalu bahagia.
Yah, itu saja untuk saat ini. Saya berharap untuk mendengar kabar dari mu segera.
Salam Cinta
Maria

Bagaimana sahabat KBI apakah perbedaan antara e-mail resmi dan e-mail tidak resmi dapat di mengerti? semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi sahabat KBI semua 🙂


Simak Ulasan Materi KBI Lainya :