Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris
Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris

Posted on

Cara Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris

Penggunaan Kata Penutup Surat pada Bahasa Inggris

Apakah sahabat KBI pernah menulis surat? Apakah diakhir surat kalian sering menuliskan  kalimat salam hangat? Kali ini KBI akan membahas penggunaan kata penutup surat pada bahasa inggris. Fungsi kata penutup ini sama seperti ketika kita menulis surat dalam bahasa Indonesia. Mengakhiri surat dengan membumbui kata penutup agar terkesan ramah dan sopan.

Surat-surat berbahasa Inggris seharusnya ditulis dengan tingkat keresmian tergantung dari berbagai macam kondisi. Salah satu jenis surat formal adalah surat bisnis, yang ditulis untuk tujuan profesional dengan gaya sopan namun tetap bersifat bisnis. Jenis surat lainnya yang sudah kita kenal adalah surat pribadi, biasanya surat ini ditujukan untuk teman-teman, keluarga, maupun orang-orang terdekat kita. Ada beberapa contoh kata penutup dalam bahasa inggris, kalian dapat langsung menyimak penjelasan selengkapnya dibawah ini yah!


Contoh kata penutup surat :

  • Yours faithfully,
  • Yours sincerely,
  • Sincerely yours,

Catatan: Huruf yang menjadi huruf besar adalah huruf pertama saja.

1. Jika tidak diketahui nama penerimanya

– Yours faithfully

Yours faithfully digunakan pada Inggris British. Penggunaannya dipakai ketika dalam surat hanya diawali dengan “Dear Sir” tidak diikuti nama atau namanya tidak diketahui.

– Yours truly

Yours truly banyak dipakai pada Inggris Amerika. Penggunaannya sama dengan “Yours faithfully”. Ketika surat dimulai dengan kata “Dear Sir”, gunakan kata penutup “Yours truly”

– Yours very truly

Resmi tapi ramah

– Yours sincerely

Dalam undangan kepada teman tetapi bukan surat yang tidak resmi.


2. Ketika kita tahu nama penerima surat

– Yours sincerely

Yours sincerely dipakai apabila kita mengawali surat menyebut nama, misal “Dear Ms. Samantha”, “Dear Mr.Brown”, dll. Jika kita mengawali surat dengan “Dear Sir/Madam” (tanpa menyebut nama) maka digunakan “Yours faithfully”. Yours faithfully juga biasa digunakan apabila kita mengenal nama mereka tetapi jarang atau belum pernah bertemu dan berbicara, karena akan terkesan lebih sopan.

kedua bentuk diatas (Yours sincerely dan Yours faithfully) adalah aturan biasa menurut British English (UK). sedangkan menurut American English (US), mereka biasa menggunakan “Sincerely yours” atau “Sincerely” dalam bahasa formal.
Bagaimana sahabat KBI sekarang sudah mengertikan bagaimana menggunakan kata penutup dalam bahasa inggris. Didalam penggunaan kata penutup dalam bahasa inggris tergantung dengan siapa kita akan berkirim surat, disesuaikan apakah kita mengenal baik atau tidak orang tersebut. Semoga bermanfaat yah!


loading...