Perbedaan Compound Sentence dan Complex Sentence dalam Bahasa Inggris beserta Contoh
Perbedaan Compound Sentence dan Complex Sentence dalam Bahasa Inggris beserta Contoh

Perbedaan Compound Sentence dan Complex Sentence dalam Bahasa Inggris beserta Contoh

Posted on

Perbedaan Compound Sentence dan Complex Sentence dalam Bahasa Inggris beserta Contoh

 

Dalam tata bahasa inggris, kita pasti sering mendengar tentang bentuk kalimat dalam bahasa inggris atau yang di sebut dengan sentence. sentence dalam bahasa inggris di bagi menjadi 3, yaitu simple sentence, Compound sentence dan juga complex sentence. ke-3 nya memiliki definisi yang berbeda, namun yang paling sulit untuk di bedakan adalah antara Compound dan complex sentence karena keduanya memiliki struktur kalimat yang hampir sama atau mirip.

Lalu, apa perbedaan antara compound dan complex sentence? bagaimana contoh keduanya? Yuk langsung aja kita simak penjelasan antara keduanya di bawah ini!

slide_1

Perbedaan Dan Pengertian Antara Compound Sentence dan Complex Sentence dalam Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimatnya

 

Seperti yag telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sentence atau kalimat dalam bahasa inggris di bagi menjadi 3 yaitu simple sentence, Compound sentence dan complex sentence. Namun sebelumnya, apakah yang di maksud dengan sentence? dalam tata bahasa inggris, Sentence is a group of words which express the complete though. Jadi, grammar merupakan sekelompok kata yang mengekspresikan pikiran dalam bentuk kalimat.

Kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai perbedaan antara compound dan complex sentence dalam bahasa inggris.


Pengertian Compound Sentence

Compound sentence merupakan sebuah kalimat yang terdiri dari simple sentence atau kalimat sederhana yang di gabungkan menggunakan koordinat kalimat (and, for, to, but dan lain sebagainya).

Secara umum compound sentence terdiri dari 2 kalimat bahasa inggris yang apabila dipisah, mereka dapat berdiri sendiri dan masih memiliki arti (independent clause).


Contoh  Compound Sentence dalam Bahasa Inggris

  1. My parents are working, so I play football with my friends (orangtuaku sedang bekerja, sehingga aku bermain bola dengan teman-temanku)
  2. I make a cake today but the taste is not good (aku membuat kue hari ini, tetapi rasanya tidak begitu enak)
  3. You can choose red cloth or black cloth for your vacation (kamu dapat memilih baju berwarna merah ataupun hitam untuk liburan mu)
  4. I ask the permission from my mother to go Bali and ask her to give me some money (aku meminta izin untuk pergi ke Bali pada ibu dan meminta beberapa jumlah uang)
  5. They do not go to school, for there are no teaching-learning today (mereka tidak pergi ke sekolah, karena tidak ada belajar mengajar hari ini)
  6. on the weekend, I am reading some books and my brother watching film (pada akhir pekan, aku membaca beberapa buku dan saudara laki-laki ku menonton film)
  7. you can go to my house or Ratna’s house (kamu bisa pergi ke rumah ku atau rumah ratna)
  8. My father gives me  a flower and my mother gives me a cake in my birthday (ayahku memberiku sebuah bunga dan ibuku memberiku sebuah kue di hari ulangtahun ku)
  9. I dont bring my bag, so I choose to borrow linda’s bag (aku tidak membawa tas, olehsebab itu aku meminjam tas linda)
  10. I like red rose, but you like white rose (aku suka mawar merah, tetapi kamu suka mawar putih)

Pengertian Complex Sentence

Complex sentence berbeda dengan compound sentence, Complex sentence terdiri dari 2 kalimat yang juga berbeda yaitu independent sentence dan dependent sentence. Jadi, jika independent dipisah dengan dependent sentence, maka dependent sente akan kehilangan makna nya.


Contoh Complex Sentece dalam Bahasa Inggris

  1. When I come to America, My friend has finished his study (ketika aku datang ke Amerika, temanku telah menyelesaikan belajarnya)
  2. Iam washing the plate, when she calls me (saya mencuci piring, ketika dia meneleponku)
  3. After my father come home, we made a lunch (setelah ayahku datang, kita makan sang bersama)
  4. the students are doing homework because they should submit tomorrow (murid-murid mengerjakan PR karena mereka harus mengumpulkanya besok)
  5. I should make a birthday cake because she has the birthday party tomorrow (aku harus membuat kue ulang tahun, karena dia akan mengadakan pesta ulangtahun besok)
  6. I and my father visited the disneyland before it closed (aku dan ayahku pergi ke disneyland sebelum tutup)
  7. my mother buys vegetable in the market  when my big family come to our house (ibuku membeli sayuran di pasar ketika keluarga besarku datang ke rumah)
  8. the teacher will return the book after he notices the error (guru kita akan mengembalikan buku kita setelah dia mengoreksinya)
  9. we know the man whom you were talking to yesterday (kita tau siapa lelaki yang kau ajak bicara kemarin)
  10. we love you before you know about it (kami mencintaimu sebelum kamu tau itu)

*Penjelasan

Kata ‘when I come to America’ merupakan jenis kalimat dependent, artinya kalimat tersebut tidak dapat berdiri sendiri. sedangkan ‘my friend has finished his study’ merupakan jenis independent sehingga kalimat tersebut bisa berdiri sendiri dan masih memilki makna meskipun berdiri sendiri.


Perbedaan Compound dan Complex Sentence

  • Compound sentence terdiri dari 2 kalimat yang masing-masing adalah independent clause artinya meskipun di pisah masing-masing memiliki makna.
  • Complex sentence terdiri dari 2 kalimat yang masing-masing adalah independent clause dan dependent clause. independent akan tetap memiliki makna jika di pisah, sedangkan dependent tidak.

Bagaimana apakah cukup mudah untuk di mengerti sahabat KBI? semoga bermanfaat sebagai bahan belajar bagi sahabat KBI semua 🙂 tetap semangat!

Simak Juga Kumpulan Materi KBI Lainnya :

loading...