Perbedaan "TOEFL, TOEIC Dan IELTS" Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya
Perbedaan "TOEFL, TOEIC Dan IELTS" Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya

Perbedaan “TOEFL, TOEIC Dan IELTS” Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya

Posted on

Perbedaan “TOEFL, TOEIC Dan IELTS” Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya

 

Perbedaan "TOEFL, TOEIC Dan IELTS" Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya
Perbedaan “TOEFL, TOEIC Dan IELTS” Dalam Bahasa Inggris Dan Juga Penjelasannya

 

TOEFL vs TOEIC vs IELTS

 

Bagi pembelajar bahasa inggris yang bergelut di dunia bahasa inggris, atau sedang mempelajari bahasa inggris, pasti kalian sudah tidak asing lagi ukan dengan TOEFL, TOEIC atau IELTS? Dari ketiga istilah tersebut, TOEFL lah yang mungkin paling familiar bagi kita. Namun, apakah sahabat KBI benar-benar sudah memahami ketiga kata tersebut dan bagaimana perbedaan nya?

Jika belum, langsung saja yuk kita simak masing-masing penjelasan dari ketiga istilah tersebut, Check this out ya guys 🙂


Apa sih TOEFL itu?

Dalam bahasa inggris, Test of English as a Foreign Language (TOEFL, /ˈtoʊfəl/, TOH-fəl) is a standardized test to measure the English language ability of non-native speakers wishing to enroll in English-speaking universities. The test is accepted by many English-speaking academic and professional institutions. Jika diartikan dalam bahasa indonesia, TOEFL atau yang memiliki kepanjangan Test of English as a Foreign Language merupakan sebuah test yang diadakan untuk menilai bagaimana atau seperti apa kemampuan bahasa inggris yang kita miliki. TOEFL digunakan untuk menilai sampai level manakah kita menguasai bahasa inggris.

TOEFL biasanya digunakan untuk melanjutkan kuliah ke luar negri seperti America dan negara-negara lain nya. Toefl juga memiliki banyak jenis dan tak hanya satu saja.

 

Apa saja sih jenis TOEFL?

TOEFL memiliki tiga jenis, yaitu PBT, IBT dan CBT. apa saja yaitu dan bagaimana maksudnya?

1.PBT (Paper Based Test)

Yaitu mengerjakan soal TOEFL yang ada diatas kertas, seperti kita sedang ujian. Materi yang diujikan antara lain seperti Listening, Reading dan juga structure.

2.CBT (Computer Based Test)

Yaitu mengerjakan soal TOEFL yang langsung di komputer. Materi tes sama dengan PBT hanya saja mendapatkan tambahan Writing.

3.IBT (Internet Based Test)

Yaitu Internet Based Test, mengerjakan soal TOEFL dari internet dan yang membedakan dari semuanya yaitu mendapatkan tambahan soal writing dan speaking.

 

Berapakah nilai TOEFL tertinggi?

1.PBT : 310-677

2.CBT : 30-300

3.IBT : 8-120


Apa sih IELTS itu?

Dalam bahasa inggris, IELTS merupakan The International English Language Testing System (IELTS) is the world’s most popular high-stakes English language proficiency test for study, work and migration with more than two million tests taken in the past year. Dengan kata lain, IELTS merupakan test yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kita dalam bahasa inggris. IELTS banyak digunakan untuk melanjutkan study ke luarnegri seperti Australia dan lainnya.

Materi IELTS meliputi Speaking, Writing, Reading dan juga listening. IELTS sendiri dibagi enjadi dua jenis yaitu Academic version dan General Training Version.

 

Apa saja sih jenis IELTS?

Ielts memiliki dua jenis yaitu Academic version dan General Training Version. Academic version digunakan untuk keperluan belajar di Luar negri seperti di Australia. Sedangkan General Training Version digunaka untuk keperluan pekerjaan atau imigrasi.


Apasih TOEIC itu?

Dalam bahasa inggris, TOEIC is The Test of English for International Communication (TOEIC) is “an English language test designed specifically to measure the everyday English skills of people working in an international environment.”

Dengan kata lain, TOEIC merupakan test yang diadakan sama dengan TOEFL ataupun IELTS dengan tujuan untuk bekerja di Luarnegri atau perusahaan asing yang ada di Indonesia. Rentang skor yang dimiliki TOEIC yaitu 1-990 dan untk dapat diterima diperusahaa asing, maka TOEIC kita harus lebih dari 450.


Bagaimana sahabat KBI mudah bukan membedakan antara TOEFL, IELTS dan TOEIC? Semoga bermanfaat ya 🙂


Simak Materi KBI Lainnya :