Procedure text: Definisi, Tujuan, Jenis, Generic Structure dan Contoh Terlengkap

Posted on

Procedure text: Definisi, Tujuan, Jenis, Generic Structure dan Contoh

Pengertian Procedure text Dalam Bahasa Inggris : Definisi, Tujuan, Jenis, Generic Structure dan Contoh – Apakah ada yang dari kalian yang pernah membuat makanan dari resep yang anda baca? Anda membaca resep dan mempraktekan step demi step cara membuatnya. Bahan dan langkah-langkah pembuatannya disajikan dalam resep tersebut. Ya, resep yang anda baca merupakan contoh procedure text atau bisa disebut procedural text. Pada kali ini KBI akan memberikan penjelasan tentang definisi, tujuan, jenis, generic structure dan contoh procedure text.

procedure

Definisi Procedure Text

“Procedure text is a piece of text that give us instructions for doing something.”

Procedure text adalah sebuah teks yang memberikan kita perintah atau instruksi untuk melakukan sesuatu.

“Procedure text  is a text that is designed to describe how something is achieved through a sequence of actions or steps.”

Procedure text adalah teks yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dicapai melalui urutan tindakan atau langkah-langkah.

Jadi dapat disimpulkan disini, procedure text adalah jenis text yang bertujuan untuk menggambarkan suatu perintah atau instruksi tentang bagaimana sesuatu dicapai sesuai urutan atau langkah-langkah yang benar.

Dan biasanya judul procedure text diawali dengan “How to ….“. Contohnya misalnya seperti “How to make a cup of tea” (Cara membuat secangkir tea), “How to Use the Computer” (Cara menggunakan komputer), dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Beberapa ciri prosedure text adalah:
⦁    mengunakan Simple Present Tense (S+V1)
⦁    berbentuk imperative/bentuk perintah,
⦁    menggunakan action verbs, contoh: make, take, boil, cook,
⦁    menggunakan temporal conjunctions, contoh: First, then, next, after that, last

Tujuan Procedure Text

Procedure text sendiri dibuat mempunyai tujuan tertentu untuk pembaca. Tujuan teks sendiri bersifat komunikatif.

“The social purpose of procedure text is to show how something is done through sequence of steps which enable the reader to achieve the goal.”

Tujuan sosial procedure text adalah untuk menunjukkan bagaimana sesuatu dilakukan melalui urutan langkah yang memungkinkan pembaca untuk mencapai tujuan.

“The purpose of procedure text is to tell the reader how to do or make something through a sequence of actions or steps.”

Tujuan dari teks prosedur adalah untuk memberitahu pembaca bagaimana melakukan atau membuat sesuatu melalui urutan tindakan atau langkah-langkah .

Jenis-jenis Procedure Text

Procedure text dalam bahasa inggris mempunyai beberapa jenis. Berikut ini ada 3 jenis procedure text yang harus Anda ketahui.
⦁ Procedure text yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau bagaimana menggunakan instruksi/operasi manual , misalnya , how to use computer, how to record video. how to use plaroid camera.
⦁ Procedure text yang menginstruksikan bagaimana melakukan aktivitas tertentu, misalnya, how to make a noodle, how to dance, how to play basketball.
⦁ Procedure text yang berhubungan dengan perilaku manusia, misalnya, how to succeed, how to live happily, how to be a good person.

Generic Stucture of Procedure Text

Procedure text memiliki skema susunan umum atau generic structure. Berikut ini generic stucture of procedure text:
Goal: memberikan informasi tentang maksud dan tujuan prosedur dan memprediksi suatu kesimpulan.
Materials: berisi daftar materi atau bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan suatu prosedur atau langkah-langkah.
Steps: daftar urutan instruksi/aktivitas untuk mencapai tujuan dalam urutan langkah yang benar.
Result: Hasil dari serangkaian langkah-langkah yang telah dilakukan.

Contoh Procedure Text

Berikut ini contoh procedure text

How to Make Ice Cream

Materials:
2 cups milk or cream
2 tablespoons sugar
1 teaspoon Vanilla extract
Several cups of Ice
1 cup salt
You need these supplies to make ice cream
Tub or large coffee can to hold salt and ice
Glass bowl or small coffee can
Electric mixer or whisk
Ice cream scoop
Storage container for freezer
Steps:
First, setting up the cooling apparatus. Stir ice and salt in the larger container.
Then, combine the ingredients. Mix together the milk, sugar, and vanilla in the glass bowl. Then, set this bowl in the tub filled with ice and rock salt, making sure that the salt water does not spill into the bowl.

Next, mix the ice cream. Mix the ingredients in the small container vigorously. The salty ice mixture will cool the mixture down until it turns into ice cream. It should take about 10 to 15 minutes to stir the ice cream using either method. Stir until it is free from ice crystals and is the right consistency.

Last, storage and serving. ice cream is ready.

Contoh lain procedure text How to make a Rainbow Cake, dapat dilihat disini.

Demikian artikel tentang Procedure text: Definisi, Tujuan, Jenis, Generic Structure dan Contoh. Semoga bermanfaat dan membantu Anda memahami procedure text dalam bahasa inggris.

Baca juga :

 

Nantikan Materi Materi menarik selanjutnya di KBI. Karena akan ada artikel menarik di update setiap harinya. Terima kasih 🙂


loading...