Tips Dan Trik Jitu Lulus Soal 'Reading Comprehension' Pada TOEFL
Tips Dan Trik Jitu Lulus Soal 'Reading Comprehension' Pada TOEFL

Tips Dan Cara Jitu Lulus Soal ‘Reading Comprehension’ Pada TOEFL Dengan Nilai Tinggi

Posted on

Tips Dan Trik Jitu Lulus  Soal ‘Reading Comprehension’ Pada TOEFL

 

Reading Comprehension merupakan jenis soal TOEFL yang paling banyak ditakuti dan menjadi momok bagi kebanyakan orang yang sedang mengikuti Test TOEFL. Mengapa? Karena Soal Reading memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam mengerjakan nya. Reading Comprehension Section bertujuan menguji kemampuan kita dalam memahami , mengintrepetasikan dan menganalisis teks bacaan mengenai berbagai macam topik. Materi yang diajukan dalam test Reading pun memiliki pola dan standard tertentu. Berikut ini akan kita bahas Tips dan Trik jitu bagaimana mengerjakan soal Reading Comprehension pada TOEFL.

Tips Dan Trik Jitu Lulus Soal'Reading Comprehension' Pada TOEFL
Tips Dan Trik Jitu Lulus Soal ‘Reading Comprehension’ Pada TOEFL

 

Cara Mengerjakan ‘Reading Comprehension’ Pada Test TOEFL Secara Jitu

 

Materi yang diujikan pada Reading Comprehension sangatlah beragam, terkadang kita diminta untuk mengetahui tema bacaan, menentukan pikiran pokok, mengetahui arti dari kosa kata tertentu, mengetahui informasi tertentu, melakukan penyimpulan, melakukan identifikasi atas pengecualian dan mengetahui rujukan dari pronoun tertentu. Cukup membingungkan bukan? Namun, hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi apabila kita sudah tau trik dan tips bagaimana mengerjakanya dengan baik. Ingin tahu caranya? Simak ulasan Berikut ini.


Tips dan Trik Jitu Mengerjakan Soal ‘Reading Comprehension’ Pada TOEFL

 

1.Teks Bacaan Tak Perlu Di Baca Semua

Teks bacaan pada soal reading TOEFL tak perlu di baca semua, mengapa? karena hal tersebut hanya akan membuang buang waktu saja. semakin panjang teks bacaan nya maka kita akan membutuhkan waktu yang banyak juga untuk membacanya, belum juga memahaminya. Hal tersebut hanya akan membuang waktu saja, sehingga lebih baik baca dulu soal nya.


 

2.Bacalah Pertanyaan Terlebih Dahulu

Poin ke dua ini memiliki hubungan dengan poin pertama, karena jika kita tidak membaca soal nya terlebih dahulu dan malah membaca teks nya, waktu kita akan habis untuk membaca teks saja. oleh sebab itu, lebih baik jika kita membaca pertanyaan terlebih dahulu, lalu mecari jawaban nya pada teks.


3. Jangan Terpaku Pada Kata/Frase Yang Tidak Diketahui

Terkadang waktu kita hanya akan habis pada hal-hal yang tidak penting, seperti menciba memahami kata-kata yang kita sendiri pun benar-benar tidak tau. hal tersebut tentu saja percuma. Mengapa? karena waktu kita hanya akan tersita untuk itu. Oleh sebab itu, jika menemui kata yag sulit dan kita tidak mengerti lebih baik tinggalkan dulu atau coba sambungkan dengan kalimat sebelumnya yang anda mengerti contoh kata they eat food, dari 3 kata tersebut, anda hanya tidak tau kata eat, maka anda bisa menebak nya dengan kata sebelum dan sesudah nya.


4.Identifikasi Kata Benda Dan Kata Kerja

Cobalah mengidentifikasi kata benda (noun) ataupun kata kerja (verb) yang penting dalam sebuah teks bacaan. Hal tersebut juga dapat menghemat waktu karena kita akan langsung terfokus pada kata yang dimaksudkan.


5.Bacalah Sekilas Dan Amati Kalimat Pertama Pada Tiap Paragraf

Mengapa harus kalimat utama pada paragraf? karena biasanya ide pokok terletak pada awal kalimat, poin-poin yang ditanyakan pun biasanya diletakkan di kalimat awal pada masing-masing paragraf.


6.Bacalah Teks Dengan Cermat

Ketika membaca teks, maka bacalah teks tersebut dengan cermat sehingga sahabat KBI tidak perlu membacanya ulang. Tandai poin-poin utama, nama-nama, definisi, kesimpulan, tempat dan angka.


7.Jawablah Pertanyaan Namun Jangan Terlalu Lama

Jawablah pertanyaan yang ditanyakan namun jangan terpaku pada satu pertanyaan, jika ada soal yang sulit, maka sahabat KBI bisa melewatkanya terlebih dahulu. Hal tersebut bisa menghemat waktu sahabat KBI.


8.Isilah Semua Jawaban

Isilah semua jawaban, jangan samapai ada yang kosong, mengapa? karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi nilai TOEFL kita. pilih jawaban yang seragam untuk jawaban yang anda tidak bisa contoh B atau C.


Bagaimana sahabat KBI apakah trik tersebut cukup mudah untuk dipahami dan di terapkan? Semoga sahabat KBI dimudahkan dalam mengerjakan soal TOEFL nya ya, terus semangat berlatih 🙂


Check Materi KBI Lainya :